Modul Ajar / RPP
Mata Pelajaran : Koding dan Kecerdasan Artifisial
Fase : E (Kelas X SMA)
Materi : Pemrograman Kecerdasan Artifisial
Durasi : 6 × 45 menit (3 pertemuan)
1. Capaian
Pembelajaran
Peserta didik
mampu:
- Menjelaskan konsep dasar pemrograman
KA (AI Programming).
- Menerapkan
library KA populer (misalnya TensorFlow, Scikit-learn, Pandas)
untuk membuat model sederhana berbasis supervised dan unsupervised
learning.
- Menganalisis
hasil model KA menggunakan metrik evaluasi dan melakukan
penyempurnaan.
- Menjelaskan
konsep dasar, arsitektur, dan cara kerja Large Language Model (LLM).
- Mengintegrasikan aplikasi KA dengan
LLM melalui API sederhana.
- Merefleksikan implikasi etis, lingkungan (adiwiyata), dan tanggung jawab sosial dari penggunaan KA.
2. Dimensi Profil Lulusan
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia:
etika penggunaan AI.
- Berkebinekaan
global: memahami bias dalam AI dan pentingnya fairness.
- Gotong
royong: kolaborasi proyek kelompok.
- Mandiri: mengerjakan coding AI project.
- Bernalar
kritis: analisis output model & evaluasi performa.
- Kreatif: mengembangkan aplikasi AI berbasis data sekolah/lingkungan.
3. Materi Pokok
- Konsep
dasar pemrograman KA dan bahasa pemrograman Python.
- Supervised,
Unsupervised, Semi-Supervised, Reinforcement Learning .
- Proyek
KA sederhana: klasifikasi teks/gambar berbasis dataset (tema lingkungan/adiwiyata,
misalnya klasifikasi sampah organik vs anorganik).
- Large
Language Model (LLM): konsep, arsitektur, cara kerja, dan integrasi API .
- Refleksi etis: bias, transparansi, privasi, tanggung jawab sosial.
4. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1 –
Konsep & Dasar AI (2 JP)
- Pendahuluan
(Ice breaking: “AI di sekitar kita”).
- Diskusi
konsep dasar AI & perbedaan pemrograman tradisional vs ML/Deep
Learning.
- Demo sederhana: Python + Pandas (data
lingkungan sekolah).
Pertemuan 2 – Proyek Supervised & Unsupervised (2 JP)
- Kelompok
membuat proyek sederhana:
- Supervised:
klasifikasi sampah organik vs anorganik (dataset gambar).
- Unsupervised:
clustering data tanaman di sekolah.
- Analisis hasil dengan metrik evaluasi
(akurasi, confusion matrix).
- Diskusi
kesulitan & solusi.
Pertemuan 3 –
Integrasi LLM & Refleksi Etis (2 JP)
- Pengenalan
LLM (ChatGPT, Hugging Face).
- Praktik integrasi API sederhana ke
aplikasi KA.
- Diskusi etis: bias, disinformasi,
privasi, tanggung jawab sosial.
- Refleksi pribadi: “Bagaimana AI bisa membantu sekolah adiwiyata dan tetap etis?”
5. Penilaian
a. Sikap
- Etika
berdiskusi, kolaborasi kelompok, kesadaran adiwiyata.
b. Pengetahuan
- Tes
formatif: konsep supervised vs unsupervised, arsitektur LLM.
c. Keterampilan
- Proyek kelompok: laporan + presentasi
aplikasi KA.
- Rubrik: ketepatan kode, kreativitas, dokumentasi, refleksi etis.
6. Pengayaan & Remedial
- Pengayaan:
integrasi LLM untuk chatbot sekolah (misalnya chatbot peduli lingkungan).
- Remedial: latihan ulang Python dasar + diskusi tutor sebaya.
7. Sumber Belajar
- Modul
4 SMK Pemrograman Kecerdasan Artifisial .
- Google
Colab, Kaggle Dataset Lingkungan.
- Dokumentasi TensorFlow, Hugging Face API
Tidak ada komentar:
Posting Komentar