Jumat, 17 Oktober 2025

Modul Ajar / RPP

Mata Pelajaran : Koding dan Kecerdasan Artifisial

Fase : E (Kelas X SMA)

Materi : Pemrograman Kecerdasan Artifisial

Durasi : 6 × 45 menit (3 pertemuan)


1. Capaian Pembelajaran

Peserta didik mampu:

  • Menjelaskan konsep dasar pemrograman KA (AI Programming).
  • Menerapkan library KA populer (misalnya TensorFlow, Scikit-learn, Pandas) untuk membuat model sederhana berbasis supervised dan unsupervised learning.
  • Menganalisis hasil model KA menggunakan metrik evaluasi dan melakukan penyempurnaan.
  • Menjelaskan konsep dasar, arsitektur, dan cara kerja Large Language Model (LLM).
  • Mengintegrasikan aplikasi KA dengan LLM melalui API sederhana.
  • Merefleksikan implikasi etis, lingkungan (adiwiyata), dan tanggung jawab sosial dari penggunaan KA.

2. Dimensi Profil Lulusan

  • Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia: etika penggunaan AI.
  • Berkebinekaan global: memahami bias dalam AI dan pentingnya fairness.
  • Gotong royong: kolaborasi proyek kelompok.
  • Mandiri: mengerjakan coding AI project.
  • Bernalar kritis: analisis output model & evaluasi performa.
  • Kreatif: mengembangkan aplikasi AI berbasis data sekolah/lingkungan.

3. Materi Pokok

  1. Konsep dasar pemrograman KA dan bahasa pemrograman Python.
  2. Supervised, Unsupervised, Semi-Supervised, Reinforcement Learning .
  3. Proyek KA sederhana: klasifikasi teks/gambar berbasis dataset (tema lingkungan/adiwiyata, misalnya klasifikasi sampah organik vs anorganik).
  4. Large Language Model (LLM): konsep, arsitektur, cara kerja, dan integrasi API .
  5. Refleksi etis: bias, transparansi, privasi, tanggung jawab sosial.

4. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 – Konsep & Dasar AI (2 JP)

  • Pendahuluan (Ice breaking: “AI di sekitar kita”).
  • Diskusi konsep dasar AI & perbedaan pemrograman tradisional vs ML/Deep Learning.
  • Demo sederhana: Python + Pandas (data lingkungan sekolah).

Pertemuan 2 – Proyek Supervised & Unsupervised (2 JP)

  • Kelompok membuat proyek sederhana:
    • Supervised: klasifikasi sampah organik vs anorganik (dataset gambar).
    • Unsupervised: clustering data tanaman di sekolah.
  • Analisis hasil dengan metrik evaluasi (akurasi, confusion matrix).
  • Diskusi kesulitan & solusi.

Pertemuan 3 – Integrasi LLM & Refleksi Etis (2 JP)

  • Pengenalan LLM (ChatGPT, Hugging Face).
  • Praktik integrasi API sederhana ke aplikasi KA.
  • Diskusi etis: bias, disinformasi, privasi, tanggung jawab sosial.
  • Refleksi pribadi: “Bagaimana AI bisa membantu sekolah adiwiyata dan tetap etis?”

5. Penilaian

a. Sikap

  • Etika berdiskusi, kolaborasi kelompok, kesadaran adiwiyata.

b. Pengetahuan

  • Tes formatif: konsep supervised vs unsupervised, arsitektur LLM.

c. Keterampilan

  • Proyek kelompok: laporan + presentasi aplikasi KA.
  • Rubrik: ketepatan kode, kreativitas, dokumentasi, refleksi etis.

6. Pengayaan & Remedial

  • Pengayaan: integrasi LLM untuk chatbot sekolah (misalnya chatbot peduli lingkungan).
  • Remedial: latihan ulang Python dasar + diskusi tutor sebaya.

7. Sumber Belajar

  • Modul 4 SMK Pemrograman Kecerdasan Artifisial .
  • Google Colab, Kaggle Dataset Lingkungan.
  • Dokumentasi TensorFlow, Hugging Face API

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lembar Evaluasi – Pemrograman Kecerdasan Artifisial

Lembar Evaluasi – Pemrograman Kecerdasan Artifisial Mata Pelajaran : Koding & Kecerdasan Artifisial Materi : Pemrograman Kecerdasan Art...