Kamis, 29 Juli 2021

 

ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR  JARINGAN (AIJ)
(AIJ The Series - Chapter 3)
KELAS XII TKJ

Pertemuan Ke-2

4.10 Mengkonfigurasi Firewall jaringan
1. Memahami Firewall
2. Melakukan analisa kebutuhan Firewall
3. Mengkaji kelebihan dan kelemahan menggunakan Firewall
4. Melaksanakan simulasi konfigurasi Firewall menggunakan packet tracert
5. Melaksanakan konfigurasi Firewall menggunakan mikrotik
6. Melakukan pengecekan hasil konfigurasi Firewall
7. Melaksanakan Pelaporan konfigurasi Firewall

Untuk penjelasan materi dapat diklik pada video dibawah ini :


Penugasannya buatlah penjelasan Firewall  dalam buku catatan lalu kirimkan foto buku hasil penjelasan ke guru pengampu ! Dan jangan lupa isi kolom komentar untuk absensi kehadiran !

Rabu, 28 Juli 2021

 

ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR  JARINGAN (AIJ)
(AIJ The Series - Chapter 2)
KELAS XI TKJ


Pertemuan Ke-1
VLAN JARINGAN


Setelah mempelajari bab ini, siswa diharapkan mampu:
1. memahami teori konsep dasar VLAN,
2. memahami tujuan penggunaan VLAN,
3. memahami pemanfaatan VLAN,
4. memahami cara kerja VLAN, serta
5. mengetahui perangkat VLAN.

Untuk penjelasan materi dapat diklik pada video dibawah ini :



Penugasannya buatlah penjelasan yang lengkap dari poin point keunggulan VLAN divideo  dalam buku catatan lalu kirimkan foto buku hasil penjelasan ke guru pengampu ! Dan jangan lupa isi kolom komentar untuk absensi kehadiran !


Selasa, 27 Juli 2021

PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN - KETRAMPILAN (PKK-K The Series - Chapter 1) KELAS XII TKJ

 

PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN - KETRAMPILAN
(PKK-K The Series - Chapter 1)
KELAS XII TKJ


Pemrograman Web


KI-3 (Pengetahuan)    :   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KI-4 (Keterampilan)   :    Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.



MATERI PEMBELAJARAN
BAB 1. Mempresentasikan Berbagai Konsep Teknologi Aplikasi Web
            A. Konsep Word Wide Web
            B. Teknologi Aplikasi Web
            C. Macam-macam Browser
            D. Konsep Web Server
            E. Macam-macam Editor Teks
BAB 2. Membuat Kode HTML untuk Menampilkan Teks dalam Format Tertentu pada Halaman Web
            A. Struktur Dasar HTML (Hyper Text Markup Language)
            B. Menulis Tag HTML dengan Editor Teks
            C. Menambahkan Gambar dengan Tag Image dan Parameternya
            D. Menambahkan Hyperlink pada Teks dan Image
            E. Tag HTML untuk Format Teks
BAB 3. Membuat Kode HTML untuk Menampilkan Tabel pada Halaman Web
            A. Konsep Pembuatan Tabel dengan HTML
            B. Pembuatan Tag Table HTML dengan Editor Teks
BAB 4. Membuat Kode HTML untuk Menampilkan Tampilan Format Multimedia pada Halaman Web
            A. Konsep Tampilan Multimedia dalam Teknologi Halaman Web
            B. Tag HTML untuk Tampilan Gambar dalam Halaman Web
            C. Tag untuk Tampilan Audio dalam Halaman Web
            D. Tag untuk Tampilan Video dalam Halaman Web
            E. Tag untuk Menampilkan Animasi pada Halaman Web
BAB 5. Membuat Kode HTML untuk Menampilkan Format Kaitan pada Halaman Web
            A. Konsep Format Kaitan (Link) dalam Halaman Web
            B. Format Link Antar Isi pada Suatu Halaman Web
            C. Format Link Antar Halaman Web untuk Membentuk Sitemap
            D. Format Target Link, Email, dan Telepon
            E. Unjuk Kerja
BAB 6. Form Halaman Web
            A. Konsep Formulir Dalam Halaman Web
            B. Anatomi dari Form
            C. Elemen Input Teks pada Formulir Halaman Web
            D. Elemen Input Pilihan pada Halaman Web
            E. Elemen Input Tombol
            F. Elemen Tambahan

RUANG LINGKUP PEMBELAJARAN
Ruang lingkup pembelajaran berisi pemetaan materi yang ada pada tiap-tiap unit, tujuan pembelajaran berisi tujuan yang ditargetkan dari proses pembelajaran yang disajikan pada tiap-tiap unit, kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan yang dilakukan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang terdiri atas aktivitas mengamati, menanya, mengumpulkan data, mendiskusikan, dan menyajikan.

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Perhatikan dan pahami peta materi pembelajaran sebagai petunjuk sebaran materi bahasan
2. Materi pembelajaran dapat dibaca secara keseluruhan dari awal sampai akhir tetapi juga bisa dibaca sesuai dengan pokok bahasannya
3. Materi pembelajaran yang dipelajari disesuaikan dengan proses dan langkah pembelajarannya di dalam dan di luar kelas

PENERAPAN PENILAIAN
Penerapan penilaian mata pelajaran dasar-dasar desain, pengetahuan bahan dan ekonomi kreatif yang merujuk pada penilaian otentik dapat menggunakan jenis penilaian dengan menganalisa materi pembelajaran sebagai berikut :
 Apabila tuntutan indikator melakukan sesuatu, maka teknik penilaiannya adalah unjuk kerja (performance).
 Apabila tuntutan indikator berkaitan dengan pemahaman konsep, maka teknik penilaiannya adalah tes tertulis atau lisan. 
Apabila tuntutan indikator memuat unsur penyelidikan, maka teknik penilaiannya adalah proyek

Demikian penjelasan materi mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan - Ketrampilan (PKK-K) Kelas XII Teknik Komputer dan Jaringan SMK Tujuh Lima 2 Purwokerto.
Selanjutnya kerjakan pretest dibawah ini sebagai penjajakan kemampuan awal sebelum materi pembelajaran dimulai.

PRE TEST
a. Apakah yang dimaksud dengan website dan blog?
b. Jelaskan perbedaan dan kesamaan website dan blog!
b. Apakah yang dimaksud dengan Kode HTML?
c. Apakah yang dimaksud dengan multimedia?
d. Apakah yang dimaksud dengan hyperlink?


Tuliskan testimoni atau harapan akhir kalian setelah mendapatkan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan - Ketrampilan didalam kolom komentar disertai dengan nama!

PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN (PKK The Series - Chapter 1) KELAS XI TKJ

 

PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN 
(PKK The Series - Chapter 1)
KELAS XI TKJ


TEKNIK PENGOLAHAN AUDIO DAN VIDEO


TUJUAN PEMBELAJARAN
KI-3 (Pengetahuan) : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Multimedia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan) : Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Multimedia. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

MATERI PEMBELAJARAN
BAB 1. Proses Produksi Multimedia
            A. Pemahaman Dasar Produksi Multimedia
            B. Praproduksi Multimedia
            C. Produksi Multimedia
            D. Pascaproduksi
BAB 2. Mengoperasikan Kamera
            A. Kamera Video
            B. Menangkap Gambar dengan Kamera Video
            C. Prosedur Dasar Kamera Video
            D. Prosedur Pengoperasian Kamera Video
            E. Mengoperasikan Kamera Video
BAB 3. Teknik Pergerakan Kamera
            A. Ragam Teknik Pergerakan Kamera
            B. Ukuran Gambar (Frame Size)
            C. Sudut Pengambilan Gambar
BAB 4. Tata Cahaya dalam Perekaman Video
            A. Konsep Dasar Tata Cahaya
            B. Penerapan Tata Cahaya dalam Perekaman Video
BAB 5. Penyuntingan Video Menggunakan Software Pengolah Video
            A. Penggunaan Software Pengolah Video
            B. Memanipulasi Video Menggunakan Fitur Efek Software Pengolah Video
BAB 6. Pembuatan Video Pendek
            A. Proses Pembuatan Video Pendek
            B. Perekaman Gambar Bergerak (Video) dengan Kamera
            C. Perekaman Suara Narasi dengan Perangkat Perekam Audio

RUANG LINGKUP PEMBELAJARAN
Ruang lingkup pembelajaran berisi pemetaan materi yang ada pada tiap-tiap unit, tujuan pembelajaran berisi tujuan yang ditargetkan dari proses pembelajaran yang disajikan pada tiap-tiap unit, kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan yang dilakukan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang terdiri atas aktivitas mengamati, menanya, mengumpulkan data, mendiskusikan, dan menyajikan.

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Perhatikan dan pahami peta materi pembelajaran sebagai petunjuk sebaran materi bahasan
2. Materi pembelajaran dapat dibaca secara keseluruhan dari awal sampai akhir tetapi juga bisa dibaca sesuai dengan pokok bahasannya
3. Materi pembelajaran yang dipelajari disesuaikan dengan proses dan langkah pembelajarannya di dalam dan di luar kelas

PENERAPAN PENILAIAN
Penerapan penilaian mata pelajaran dasar-dasar desain, pengetahuan bahan dan ekonomi kreatif yang merujuk pada penilaian otentik dapat menggunakan jenis penilaian dengan menganalisa materi pembelajaran sebagai berikut :
 Apabila tuntutan indikator melakukan sesuatu, maka teknik penilaiannya adalah unjuk kerja (performance).
 Apabila tuntutan indikator berkaitan dengan pemahaman konsep, maka teknik penilaiannya adalah tes tertulis atau lisan. 
Apabila tuntutan indikator memuat unsur penyelidikan, maka teknik penilaiannya adalah proyek

Demikian penjelasan materi mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan - Ketrampilan (PKK-K) Kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan SMK Tujuh Lima 2 Purwokerto.
Selanjutnya kerjakan pre test dibawah ini sebagai penjajakan kemampuan awal sebelum materi pembelajaran dimulai.

PRE TEST
a. Apa yang dimkasud dengan proses produksi multimedia
b. Bagaimanakah cara mengoperasikan kamera?
c. Bagaimanakah mengelola teknik pergerakan kamera?
d. Bagaimanakah cara mengatur tata cahaya dalam perekaman video?
e. Jelaskan tentang teknik Penyuntingan Video Menggunakan Software Pengolah Video!
f. Apa yang dimaksud dengan Pembuatan Video Pendek?

Tuliskan testimoni atau harapan akhir kalian setelah mendapatkan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan - Ketrampilan didalam kolom komentar disertai dengan nama!

Senin, 26 Juli 2021

ADMINISTRASI SISTEM JARINGAN (ASJ The Series - Chapter 2) KELAS XII TKJ

 

ADMINISTRASI SISTEM JARINGAN 
(ASJ The Series - Chapter 2)
KELAS XII TKJ


Pertemuan Ke-1


3.1 Mengevaluasi Control Panel Hosting
Setelah Mengikuti Proses Pembelajaran ini :
1. Peserta didik dapat Menjelaskan konsep Control Panel Hosting
2. Peserta didik Menentukan cara konfigurasi Control Panel Hosting
3. Peserta didik Melakukan konfigurasi Control Panel Hosting
4. Peserta didik Menguji hasil konfigurasi Control Panel Hosting
5. Peserta didik Membuat laporan konfigurasi Control Panel Hosting

Uraian Materi

Pengertian Control Panel Hosting
Control panel hosting adalah tool yang akan membuat Anda dapat melakukan manajemen seluruh aspek layanan hosting. Melalui hosting control panel, Anda bisa melakukan beragam pengaturan pada sistem admin yang kompleks dengan hanya melakukan beberapa klik pada interface admin. Sebelum ada hosting control panel, aktivitas tingkat lanjut pada sistem admin dilakukan dalam secara manual.
Selain itu, dibutuhkan waktu yang tidak lama untuk mengerjakan dan melakukan pengaturan tersebut. Beberapa aktivitas tingkat lanjut, diantaranya migrasi server dan pergantian web server dapat dilakukan dengan hanya melakukan beberapa klik. Terdapat banyak hosting control panel yang bisa Anda gunakan, baik yang gratis maupun yang berbayar.

6 Aspek Penting Control Panel Hosting
Sebelum memilih hosting panel control, Anda dapat mempertimbangkan 6 aspek ini. Dengan begitu Anda bisa memilih control panel hosting yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.
1. Mudah Dioperasikan
Sebuah hosting control panel harus mudah dioperasikan dan diatur. Sederhana, fungsional, dan tidak membingungkan merupakan kualitas yang harus Anda cari daro sebuah panel hosting.
2. Cocok dengan Sistem Operasi
Keserasian dengan sistem operasi Anda. Jangan sampai Anda yang mengg nakan Windows
memilih hosting panel untuk Linux. Tentu saja hal tersebut salah dan tidak akan berfungsi.
3. Layanan Support
Sebaik apapun Anda pasti akan membutuhkan dukungan, baik dari pembuat hosting panel maupun dari forum yang berbicara mengenai berbagai masalah yang muncul. Lebih-lebih jika Anda seorang pemula, Anda wajib menggunakan hosting panel yang menyediakan dukungan penuh.
4. Dukungan Software
Pilihlah hosting panel yang mendukung software yang Anda gunakan. Lihatlah daftar aplikasi  yang kompatibel. Ketidakserasian akan menghambat kerja Anda di masa depan.
5. Harga Terjangkau
Sesuaikan anggaran Anda dengan biaya panel hosting. Jika anggaran sangat terbatas cari saja yang gratis (jangan tanggung). Pilihlah hosting panel yang memenuhi kebutuhan bukan yangterbaik.
6. Dukungan Keamanan
Keamanan yang rutin diperbaharui merupakan faktor penting. Karenanya Anda harus memilih hosting panel yang menjamin stabilitas dan keamanan.

5 Control Panel Hosting Populer
Berikut adalah lima control panel hosting populer yang bisa Anda pilih.
1. cPanel
Hosting control panel satu ini hanya tersedia pada sistem operasi Linux. Hampir semua pemerhati dunia web memasukkan cPanel dalam daftar hosting control panel yang populer. Hosing control panel ini cocok untuk Anda para pemula dan pengembang yang memilih fungsi konsol daripada desain yang terlihat mengesankan. Terdapat beragam fitur yang dapat dengan mudah Anda akses dalam satu halaman.
Beberapa fitur utama cPanel adalah pengaturan nama domain, registrasi, dan transfer,
manajemen email dan spam, fitur keamanan dari mulai pemblok IP hingga proteksi leech,
pemonitor performa server, file manager dan FTP users creation, dan backup. Pengoperasian cPanel tidak sulit. Anda hanya memerlukan beberapa klik agar operasi dapat dilakukan. Terdapat deskripsi singkat yang menjelas
2. Plesk
Plesk adalah hosting control panel populer, terutama dikalangan penyedia hosting Eropa. Panel ini dapat digunakan pada Windows dan Linux. Bersama cPanel, Plesk adalah hosting control panel yang paling banyak digunakan. Interface Plesk sederhana dan cukup intuitif sehingga Anda tidak aka mencari tool apa yang akan digunakan. Plesk dilengkapi dengan
automaton yang bervariasi
Automaton-automaton tersebut kan menghemat waktu dan sumberdaya Anda. Akibatnya, Anda akan fokus langsung pada pembangunan website. Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan perawatan server. Plesk memiliki fitur unik berbentuk login levels. Terdapat 4 tingkat pada fitur tersebut dimana masing-masing tingkat memiliki perbedaan isi. Ke-4 tingkatan tersebut adalah Mail User, Domain Owner, Client/Reseller, dan Administrator.
3. Direct Admin
Direct Admin adalah salah satu hosting panel yang termudah dan tercepat. Selain itu, hosting
panel satu ini juga cukup stabil. Direct Admin tersedia untuk Linux. Direct Admin mendukung
akses multi level, dari mulai Administrator, User, hingga Reseller. Panel ini cocok digunakan untuk para pemula atau Anda yang tidak memerlukan pengaturan tingkat lanjut yang kompleks.
Anda tidak perlu memiliki kemampuan yang khusus dalam bidang IT untuk dapat mengoperasikan hosting panel satu ini. Beberapa fitur dan opsi pengaturan yang tersedia pada Direct Admin adalah manajemen DNS, pembuatan database, pembuatan manajemen, pembuatan backup, akun reseller, dan manajemen file. Direct Admin juga menyediakan statistik pengguna dan memiliki tool anti-spam.
4. Webmin
Webmin memang bukan untuk Anda yang memprioritaskan kesederhanaan dan kemudahan. Untuk pemula, Anda tidak akan langsung menguasai hosting panel ini. Webmin cocok bangi Anda yang senang mengulik konfigurasi yang tepat untuk mengoperasikan fitur dan opsi yang tersedia. Dalam pengoperasiannya, Webmin ini menyediakan panel sesuai yang akan menyesuaikan dengan fungsi dan jenis hosting.
Tiga tipe hosting pada hosting panel ini adalah Usermin, Cloudmin, dan Virtualmin. Usermin digunakan untuk manajemen email, password, dll. Cloudmin digunakan untuk manajemen server virtual. Virtualmin digunakan untuk manajemen virtual hosts. Webmin ini gratis dan tersedia untuk pengguna Linux, Solaris, dan sistem BSD. Webmin dapat digunakan di Windows dengan opsi dan fungsi yang terbatas.
5.ISPmanager
ISPmanager adalah hosting panel yang memiliki tampilan dan desain yang sederhana. Sepintas, hosting panel ini memang terlihat sangat standar jika dibandingkan dengan hosting panel lain. ISPmanager tersedia untuk pengguna Linux. Terdapat 2 versi hosting panel ini. Versi pertama adalah versi Lite dengan fitur-fitur dasar yang bisa Anda temukan pada hosting panel pada umumnya.
Versi kedua adalah versi Business yang baik untuk multiple shared hosting reseller. Untuk urusan fitur, ISPmanager dilengkapi fitur yang hosting panel yang umum. Versi Lite dapat digunakan untuk manajemen server web, pembuatan pengguna dengan level akses yang berbeda, melakukan import data, dll. ISPmanager sangat populer dan banyak digunakan oleh perusahaan hosting di Eropa Timur.
Kebanyakan control panel hosting memang tersedia untuk Linux. Untuk pengguna Windows, tampaknya Anda harus puas dengan pilihan yang terbatas. Masing-masing panel hosting memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sulit menentukan mana yang terbaik. Pada akhirnya Anda lah yang akan menentukan mana yang terbaik untuk Anda. Yang pasti panel hosting tersebut akan mempermudah dan mempercepat kerja Anda.

Penugasan ! 
1. Jelaskan apakah fungsi dari Control Panel Hosting !
2.  Pilihlah salah satu dari 5 Control Panel Hosting yang Populer diatas menurut pendapat kalian kalian dan jelaskan alasan pilihan tersebut !
(Hasil penugasan dibuat presentasi video dengan durasi 2 menit dan dikirimkan ke no HP kami)
Isi kolom komentar dengan dengan testimoni dan diikuti nama kalian !

SMAGALAPAK - SMA NEGERI 3 PURWOKERTO

  Inovasi Pendidikan Dan Tema Kewirausahaan di SMA Negeri 3 Purwokerto : Memperkenalkan Platform E-Commerce Satuan Pendidikan Leads/Teras/P...