PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN
(PKK The Series - Chapter 1)
KELAS XI TKJ
TEKNIK PENGOLAHAN AUDIO DAN VIDEO
TUJUAN PEMBELAJARAN
KI-3 (Pengetahuan) : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Multimedia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan) : Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Multimedia. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
MATERI PEMBELAJARAN
BAB 1. Proses Produksi Multimedia
A. Pemahaman Dasar Produksi Multimedia
B. Praproduksi Multimedia
C. Produksi Multimedia
D. Pascaproduksi
BAB 2. Mengoperasikan Kamera
A. Kamera Video
B. Menangkap Gambar dengan Kamera Video
C. Prosedur Dasar Kamera Video
D. Prosedur Pengoperasian Kamera Video
E. Mengoperasikan Kamera Video
BAB 3. Teknik Pergerakan Kamera
A. Ragam Teknik Pergerakan Kamera
B. Ukuran Gambar (Frame Size)
C. Sudut Pengambilan Gambar
BAB 4. Tata Cahaya dalam Perekaman Video
A. Konsep Dasar Tata Cahaya
B. Penerapan Tata Cahaya dalam Perekaman Video
BAB 5. Penyuntingan Video Menggunakan Software Pengolah Video
A. Penggunaan Software Pengolah Video
B. Memanipulasi Video Menggunakan Fitur Efek Software Pengolah Video
BAB 6. Pembuatan Video Pendek
A. Proses Pembuatan Video Pendek
B. Perekaman Gambar Bergerak (Video) dengan Kamera
C. Perekaman Suara Narasi dengan Perangkat Perekam Audio
RUANG LINGKUP PEMBELAJARAN
Ruang lingkup pembelajaran berisi pemetaan materi yang ada pada tiap-tiap unit, tujuan pembelajaran berisi tujuan yang ditargetkan dari proses pembelajaran yang disajikan pada tiap-tiap unit, kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan yang dilakukan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang terdiri atas aktivitas mengamati, menanya, mengumpulkan data, mendiskusikan, dan menyajikan.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Perhatikan dan pahami peta materi pembelajaran sebagai petunjuk sebaran materi bahasan
2. Materi pembelajaran dapat dibaca secara keseluruhan dari awal sampai akhir tetapi juga bisa dibaca sesuai dengan pokok bahasannya
3. Materi pembelajaran yang dipelajari disesuaikan dengan proses dan langkah pembelajarannya di dalam dan di luar kelas
PENERAPAN PENILAIAN
Penerapan penilaian mata pelajaran dasar-dasar desain, pengetahuan bahan dan ekonomi kreatif yang merujuk pada penilaian otentik dapat menggunakan jenis penilaian dengan menganalisa materi pembelajaran sebagai berikut :
Apabila tuntutan indikator melakukan sesuatu, maka teknik penilaiannya adalah unjuk kerja (performance).
Apabila tuntutan indikator berkaitan dengan pemahaman konsep, maka teknik penilaiannya adalah tes tertulis atau lisan.
Apabila tuntutan indikator memuat unsur penyelidikan, maka teknik penilaiannya adalah proyek
Demikian penjelasan materi mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan - Ketrampilan (PKK-K) Kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan SMK Tujuh Lima 2 Purwokerto.
Selanjutnya kerjakan pre test dibawah ini sebagai penjajakan kemampuan awal sebelum materi pembelajaran dimulai.
PRE TEST
a. Apa yang dimkasud dengan proses produksi multimedia
b. Bagaimanakah cara mengoperasikan kamera?
c. Bagaimanakah mengelola teknik pergerakan kamera?
d. Bagaimanakah cara mengatur tata cahaya dalam perekaman video?
e. Jelaskan tentang teknik Penyuntingan Video Menggunakan Software Pengolah Video!
f. Apa yang dimaksud dengan Pembuatan Video Pendek?
Tuliskan testimoni atau harapan akhir kalian setelah mendapatkan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan - Ketrampilan didalam kolom komentar disertai dengan nama!