Rabu, 11 Oktober 2023

MEDIA AJAR BERPIKIR KRITIS DAN DAMPAK SOSIAL INFORMATIKA

 BERPIKIR KRITIS DAN DAMPAK SOSIAL INFORMATIKA

 

  

 

FASE F

MODUL AJAR

INFORMATIKA

 

   

 

TAUFIQ ARIEFIANTO, S.Pd

SMA NEGERI 3 PURWOKERTO

Jl. Kamandaka Barat No. 3, Karangsalam Kidul, Kedungbanteng, Banyumas

 

 

 

INFORMASI UMUM

A.  IDENTITAS SEKOLAH

NAMA PENYUSUN              : TAUFIQ ARIEFIANTO, S.Pd

NAMA INSTITUSI                : SMA NEGERI 3 PURWOKERTO

TAHUN PENYUSUNAN       : 2023

JENJANG SEKOLAH           : SMA

FASE / KELAS                      : F / XI

MATA PELAJARAN              : INFORMATIKA

DOMAIN MAPEL                  : BERPIKIR KRITIS DAN DAMPAK SOSIAL INFORMATIKA

ALOKASI WAKTU                : 3x45 menit ( 3 JP)

 

B.  KOMPETENSI AWAL

Siswa mampu mendeskripsikan dan menarik pelajaran dari sejarah perkembangan komputer dan tokoh-tokohnya;menjelaskan hak kekayaan intelektual dan lisensi, aspek teknis, hukum,ekonomi, lingkungan dan sosial dari produk TIK serta mampu menjelaskan berbagai bidang studi dan profesi bidang informatika serta peran informatikapada bidang lain.

 

C.  CAPAIAN PEMBELAJARAN

Siswa mampu mengkaji secara kritis kasus-kasus sosial terkini terkait produk TIK dan sistem komputasi, menganalisis kasus,memberikan berbagai argumentasi dan rasionalnya.

 

D.  PROFIL PELAJAR PANCASILA

1.  Bernalar Kritis dikembangkan melalui kegiatan menganalisis masalah serta memberikan berbagai argumentasi dan rasionalnya terkait dampak perkembangan teknologi di pertanisan dan Kesehatan.

2. Bergotong Royong dikembangkan melalui kerja kelompok dalam menganalisis materi tentang pekembangan teknologi di pertanian dan kesehatan.

 

E.  SARANA DAN PRASARANA

1.     Sarana : PC / Laptop, Smartphone, Ms. Office / Google Documents, Google Drive, Google Form

2.     Prasarana: Buku Guru dan Siswa Informatika Kelas XI, link video youtube

 

F.   TARGET PESERTA DIDIK

Peserta didik regular

 

G.  MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran PBL dengan metode kooperatif learning (Siswa mencari masalah mengenai perkembangan teknologi di bidang pertanian atau kesehatan secara berkelompok kemudian dianalisis melalui kajian literatur dan wawancara dengan narasumber lalu dipresentasikan dalam bentuk laporan yang dituliskan pada Lembar Kerja Peserta Didik).

 

H.  KATA KUNCI

Berpikir kritis, pengambilan keputusan, elemen berpikir,standar intelektual, karakter intelektual, informatika dan pertanian, informatika dan kesehatan.

 

 

 

KEGIATAN INTI

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN

1.  Siswa mampu menjelaskan arti pentingnya berpikir kritis pada perkembangan teknologi dalam bidang pertanian atau kesehatan.

2.    Siswa mampu menerapkan kemampuan berpikir kritis untuk menganalisis dampak sosial informatika pada perkembangan teknologi dalam bidang pertanian atau kesehatan.

 

B.  INDIKATOR TUJUAN PEMBELAJARAN

1.  Melalui diskusi diharapkan siswa mampu menjelaskan arti berpikir kritis pada perkembangan teknologi dalam bidang pertanian atau Kesehatan.

2.   Melalui diskusi diharapkan siswa mampu menjelaskan pentingnya perkembangan teknologi dalam bidang pertanian atau kesehatan.

3.  Melalui diskusi diharapkan siswa mampu menganalisis perkembangan teknologi dalam bidang pertanian atau kesehatan.

4.   Melalui laporan diharapkan siswa mampu menyajikan hasil analisis perkembangan teknologi dalam bidang pertanian atau kesehatan.

 

C.  PERTANYAAN PEMANTIK

1.     Perubahan penting apa yang terjadi dalam dunia pertanian dan kesehatan dalam 10 tahun terakhir?

2.     Apa yang menyebabkan perubahan tersebut?

 

D.  PEMAHAMAN BERMAKNA

Perlu dipahami bahwa teknologi itu ibarat pisau bermata dua. Di satu sisi, kehadiran teknologi internet sangat memudahkan distribusi dan akses informasi yang kita butuhkan, namun di sisi yang lain mengakibatkan mudahnya berbagai macam berita bohong (hoaks) beredar. Setelah mempelajari materi ini diharapkan siswa mampu berpikir kritis dalam mengkaji kasus-kasus sosial terkait produk TIK agar dampak negatifnya dapat diantisipasi serta manfaatnya dapat meningkatkan kualitas hidup orang.

 

E.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

PENDAHULUAN

 

Kegiatan Pendahuluan

1.  Guru membuka dengan salam dan mengajak berdoa Bersama.

2.  Guru mendata kehadiran siswa (presensi siswa)

3. Guru mengkondisikan siswa untuk siap melaksanakan pembelajaran dengan menyampaikan tujuan pembelajaran

4. Guru memberikan Assesment Diagnostik tentang motivasi belajar kepada siswa yang ditampilkan pada LCD :

a.   Bagaimanakah perasaan kalian hari ini?

b.   Apakah siap menerima pembelajaran hari ini?

c.   Apa harapan kalian setelah pembelajaran hari ini?

Link Asesmen Diagnostik :  https://docs.google.com/document/d/1HHjajNbOxvbGC0fC3N6pu00WdrymmGj5m6jiJGqnStk/edit?usp=sharing

1.  siswa menjawab salam dan berdoa dengan dibimbing oleh guru.

2. siswa memperhatikan guru untuk kegiatan presensi.

3.   siswa mengikuti kegiatan pendahuluan dengan arahan dari guru.

4.  siswa menjawab Assessment Diagnostik yang diberikan oleh guru

10 menit

 

 

KEGIATAN INTI

 

Orientasi Siswa Pada Masalah

1.   Guru memberikan pertanyaan pemantik tentang materi perkembangan teknologi di bidang pertanian dan kesehatan kepada siswa.

Pertanyaan pematik :

a.   Perubahan penting apa yang terjadi dalam dunia pertanian dan kesehatan dalam 10 tahun terakhir?

b.   Apa yang menyebabkan perubahan tersebut?

2.  Guru memberikan stimulus gambaran tentang perkembangan teknologi dalam bidang pertanian dan kesehatan berupa video dari link youtube

Pertanian :

https://www.youtube.com/watch?v=0cd3qwV2ce8

Kesehatan :

https://www.youtube.com/watch?v=pR3i7uv0Z8c&list=RDCMUCjr8T3-OrM9-DF_sCTuk0iA&index=40

 

1. Siswa menjawab pertanyaan pemantik yang diberikan oleh guru.

2.   Siswa mengamati dan memahami masalah yang disampaikan guru dengan melihat video dari link youtube

 

 

 

 

15 menit

Mengorganisasi siswa untuk belajar

 

1.   Guru membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 siswa.

2.   Guru memberikan LKPD untuk diskusi secara berkelompok.

LKPD dapat diakses melalui link :

https://docs.google.com/document/d/1d1W5VoH6zkHPFAhQLIrX1ukWI1gp238Ytd6eAKXDoZc/edit?usp=sharing

 

1.   Siswa membentuk kelompok berdasarkan arahan guru

2. Siswa membuka LKPD dan berdiskusi dengan kelompok

10 menit

Membimbing penyelidikan individu atau kelompok

 

1.  Guru meminta kepada siswa untuk mempelajari materi dampak perkembangan teknologi di bidang pertanian atau kesehatan.

2.    Guru menyampaikan dan menjelaskan tugas kepada siswa.

3. Guru memantau keterlibatan siswa dalam mengumpulkan data/bahan selama poses diskusi kelompok.

1. Siswa secara berkelompok mempelajari materi dampak perkembangan teknologi di bidang pertanian atau kesehatan.

2.   Siswa membuka LKPD yang diberikan oleh guru dan dikerjakan secara berkelompok.

3.  Siswa mengerjakan LKPD sesuai dengan petunjuk dari guru secara berkelompok.

30 menit

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

 

1.    Guru memberikan link google drive untuk mengumpulkan LKPD yang dikerjakan siswa

https://drive.google.com/drive/folders/1zbt1tjWJnANiZfn_Pd2vICpwv-h6kKQG?usp=sharing

2.   Guru menampilkan hasil diskusi siswa untuk dipresentasikan

1.   Tiap kelompok mengumpulkan hasil diskusinya pada link google drive yang diberikan guru.

4.   Dua (2) kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain dipersilakan memberikan tanggapan

40 menit

Menganalisis dan mengevaluasi

 

1.   Guru melakukan penilaian saat diskusi dan presentasi kelompok.

 

1.  Siswa melakukan diskusi dan presentasi kelompok

20 menit

 

 

PENUTUP

 

Kegiatan Penutup

1.     Guru memberikan lembar refleksi kepada siswa sebagai refleksi pembelajaran siswa.

Lembar refleksi dapat diakses di link berikut

https://docs.google.com/document/d/18F5gVCadtYP34K1OvT21GT85VAUzj8QqyYUqRE9TX_4/edit?usp=sharing

2.     Guru meminta perwakilan siswa membuat kesimpulan untuk pembelajaran hari ini

3.     Guru menyampaikan materi untuk pertemuan yang akan datang.

4.     Guru meminta perwakilan siswa untuk memimpin doa sebagai penutup pembelajaran

 

1.    Siswa mengerjakan lembar refleksi yang diberikan guru.

2.    Perwakilan siswa menyampaikan kesimpulan untuk pembelajaran hari ini.

3.    Siswa menyimak guru dalam menyampaikan tindak lanjut untuk pertemuan yang akan dating.

4.    Perwakilan siswa memimpin berdoa sebagai penutup pembelajaran

 

10 menit

 

 

F.   ASESMEN

1.     Asesmen Formatif

Untuk Assesment Formatif diambil dari berdasarkan pengerjakan LKPD berupa laporan, diskusi dan presentasi tiap kelompok. Adapun Rubrik penilainnya adalah sebagai berikut :

Tabel 1e. Rubrik Penilaian Laporan

Poin

4

3

2

1

Indikator Perolehan Poin

Mengerjakan semua kolom,yaitu : Masalah Teknologi yang telah diidentifikasi,Hasil eksplorasi Teknologi yang diidentifikasi, Analisis eksplorasi teknologi,Dampak positif dan negatif perkembangan teknologi di bidang pertanian atau kesehatan

Hanya mengerjakan pada kolom,yaitu : Masalah Teknologi yang telah diidentifikasi,Hasil eksplorasi Teknologi yang diidentifikasi, dan Analisis eksplorasi teknologi

Hanya mengerjakan pada kolom,yaitu : Masalah Teknologi yang telah diidentifikasi,

dan Hasil eksplorasi Teknologi yang diidentifikasi

Hanya mengerjakan pada kolom Masalah Teknologi yang telah diidentifikasi

 

 Tabel 2e. Rubrik Penilaian Diskusi dan Presentasi Kelompok

Poin

4

3

2

1

Berpikir Kritis

 

Mampu menyelesaiakan kolom Masalah Teknologi yang telah diidentifikasi,Hasil eksplorasi Teknologi yang

diidentifikasi, Analisis eksplorasi teknologi,Dampak positif dan negatif perkembangan teknologi di bidang pertanian atau kesehatan

 

Mampu menyelesaikan kolom Masalah Teknologi yang telah diidentifikasi,Hasil eksplorasi Teknologi yang

diidentifikasi, dan Analisis eksplorasi teknologi

 

 

Mampu menyelesaikan kolom Masalah Teknologi yang telah diidentifikasi,

dan Hasil eksplorasi Teknologi yang

diidentifikasi

 

Mampu menyelesaiakan kolom Masalah Teknologi yang telah diidentifikasi

 

Bergotong Royong

 

Semua anggota terlibat dalam diskusi

 

Hanya 3 anggota terlibat dalam diskusi

 

Hanya 2 anggota terlibat dalam diskusi

 

Semua anggota tidak menunjukkan niat dan usaha untuk berdiskusi

 

Presentasi

 

Semua anggota terlibat dalam presentasi

 

Hanya 3 anggota terlibat dalam presentsi

 

Hanya 2 anggota terlibat dalam presentasi

 

Hanya 1 anggota terlibat dalam presentasi

 

Kemampuan penggunaan komunikasi nonverbal (gestur)

 

Semua anggota mampu dalam penggunaan komunikasi nonverbal(gestur

 

Hanya 3 anggota mampu dalam penggunaan komunikasi nonverbal(gestur)

 

Hanya 2 anggota mampu dalam penggunaan komunikasi nonverbal(gestur)

 

Hanya 1 anggota mampu dalam penggunaan komunikasi nonverbal(gestur)

 

 
 

2.     Asesmen Sumatif

Untuk Asesmen Sumatif dilakukan setelah selesai dalam menyampaikan materi dan bisa dikerjakan saat di rumah. Asesmen Sumatif dibuat dengan menggunkan Google Form yang mana link akan diberikan kepada siswa.

Berikut Linknya : https://forms.gle/mEAYmQb2DYzkeuGU6

 

G.  PENGAYAAN DAN REMIDIAL

1.     Pengayaan

 Siswa dapat mengkaji perkembangan teknologi di bidang pertanian dan kesehatan di lingkungan sekitarnya.

2.     Remidial

      Siswa mengkaji kembali hasil laporan yang telah dikerjakan dengan mempertimbangkan hasil diskusi yang telah dilakukan.



LAMPIRAN

 

A. LEMBAR KERJA SISWA

Berikut link LKPD beserta petunjuk pengerjaannya:

https://docs.google.com/document/d/1u9UTLefWFFlNaP5y3XrYZD1rAvhhya6MjlYWw1QgUe4/edit?usp=sharing

 

B. BAHAN AJAR

Untuk bahan ajar pada pembelajaran ini bisa diakses melalui link berikut :

https://docs.google.com/document/d/120VQCKwMqy3X4SvCR80xC_zXnaZjfOjbPTgBpZJ2e_4/edit?usp=sharing

 

C. MEDIA AJAR

Untuk Media ajar pada pembelajaran ini bisa diakses melalui link berikut :

https://docs.google.com/presentation/d/1Qu9hkxuaTsDdLzcJ712WUQhRifBDnEvuhNlGo0hukro/edit?usp=sharing

 

D. GLOSARIUM

Berpikir kritis cara berpikir manusia untuk merespon seseorang dengan menganalisis fakta untuk membentuk penilaian.

Pengambilan keputusan pemilihan alternatif perilaku tertentu dari dua atau lebih alternatif yang ada.

 

E. DAFTAR PUSTAKA

Auzi, dkk. 2021. Informatika untuk SMA Kelas XI. Jakarta Selatan: Pusat Perbukuan Badan Standart, Kurikulum, dan Asesmen Pedidikan. Tersedia dalam aplikasi Merdeka Mengajar.

Paulina, dkk. 2021. Buku Panduan Guru Informatika untuk SMA Kelas XI. Jakarta Selatan: Pusat Perbukuan Badan Standart, Kurikulum, dan Asesmen Pedidikan. Tersedia dalam aplikasi Merdeka Mengajar.


BUKU GURU SMA KELAS X - KURIKULUM MERDEKA

  BUKU GURU SMA KELAS X - KURIKULUM MERDEKA B abeh Opiq 76 berbagi file  Buku Guru Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) Kelas X (Se...