Selasa, 03 Agustus 2021

 

PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN 
(PKK The Series - Chapter 2)
KELAS XI TKJ

PERTEMUAN KE-1

PROSES PRODUKSI MULTIMEDIA

A. Pemahaman Dasar Produksi Multimedia
B. Praproduksi Multimedia
C. Produksi Multimedia
D. Pascaproduksi

Kompetensi Dasar
3.1 Memahami alur proses produksi multimedia.
4.1 Membuat alur proses produksi multimedia.

Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, siswa diharapkan mampu:
1. menjelaskan konsep dasar proses produksi multimedia,
2. mengidentifikasi tahapan proses produksi multimedia, serta
3. membuat alur proses produksi multimedia.

Peta Konsep Pembelajaran


A. Pemahaman Dasar Produksi Multimedia
Multimedia merupakan penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya, dan berkomunikasi (Hofstetter 2001). Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, multimedia juga diadopsi oleh dunia game. Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media dalam menyampaikan informasi berbentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.
Proses pelaksanaan produksi video dilakukan secara profesional melalui sebuah proses yang tidak sederhana dan terperinci. Dalam pelaksanaannya, proses produksi video mempunyai standar operasional yang harus dilakukan. Standar operasional proses produksi ini dilakukan untuk membantu manajemen produksi agar lebih baik dan terperinci, sehingga tidak ada proses yang terlewatkan mulai dari perencanaan hingga penyelesaian proses.
Produk multimedia dapat dikategorikan menjadi dua yaitu :

1. Multimedia Content Production
Multimedia merupakan penggunaan dan pemrosesan beberapa media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (music, video, film, game, entertaiment, dll) atau penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah sebagai berikut:
a. Media teks
Menggunakan teks sebagai media dalam multimedia content production merupakan perkembangan manusia dari sejak pertama kali peradaban manusia yang dimulai dengan bentuk simbol kemudian berkembang dengan bentuk teks. Pesan yang disampaikan dalam bentuk teks menjadi informasi yang sangat penting dan sangat menarik bila dipoles penyajiannya seperti diberi headline, pont atau diberi image dan suara. Media teks saat ini tidak berdiri sendiri tapi bisa digabungkan dengan media lain.
b. Media audio
Lingkup kerja audio meliputi produksi, perekaman, manipulasi dan reproduksi gelombang suara. Guna memahami audio, Anda harus memiliki pemahaman tentang dua hal seperti berikut:
1) Sound Waves: Apa arti sound waves, bagaimana terjadinya dan bagaimana kita dapat mendengarnya.
2) Sound Equipment: Mengenai komponen-komponennya, cara kerjanya, bagaimana memilih peralatan yang benar dan cara penggunaannya.
c. Media video
Berikut fungsi media video dalam produk multimedia.
1) Suara dan video memegang peranan yang sangat penting dalam presentasi multimedia.
2) Sound merupakan dimensi aural yang menentukan mood dan tercapainya tujuan presentasi.
3) Video telah diperkenalkan kurang lebih 50 tahun yang lalu. Namun hubungan antara video (televisi) dan komputer merupakan hal yang relatif masih baru; sedangkan digital video merupakan teknologi yang lebih baru lagi.
4) Orang akan lebih tertarik dengan aplikasi / presentasi yang menampilkan tayangan dalam bentuk video.
d. Media animasi
Animasi merupakan perubahan visual sepanjang waktu dan memberikan kekuatan besar pada proyek multimedia. Proyek multimedia dapat dianimasikan secara keseluruhan atau hanya dibagian-bagian tertentu serta memberi aksen dan menambah bumbu-bumbu.
e. Media graph / image
Produk content media grafis/ citra identik dengan tampilan dua dimensi bisa berbentuk gambar ataupun teks.
1) Grafis bersifat graf, bersifat huruf, dilambangkan dengan huruf.
2) Bersifat matematika, statistika, wujud titik-titik, garis-garis atau bidang-bidang yang secara visual dapat menjelaskan hubungan yang ingin disajikan.

2. Multimedia Communication
Multimedia adalah menggunakan media (massa), seperti televisi, radio, cetak, dan Internet untuk mempublikasikan/menyiarkan/mengomunikasikan material advertising, publicity, entertaiment, news, education, dan lain-lain. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah: TV, Radio, film, cetak, musik, game, entertaiment, tutorial, ICT (Internet)

Materi diatas dapat juga dilihat pada link atau video dibawah ini :

B. Praproduksi Multimedia
Praproduksi identik dengan tahapan perencanaan. Secara umum merupakan tahapan persiapan sebelum memulai proses produksi (syuting film atau video). Dengan lahirnya teknologi digital video dan metode nonlinear editing maka proses produksi video menjadi lebih mudah. Ketika kita akan memulai sebuah proyek, terkadang kita telah memiliki stock- shoot/footage video yang kita butuhkan, untuk itu kita harus melakukan peninjauan ulang segala kebutuhan sesuai dengan cerita yang akan kita buat. Artinya, Anda harus mempersiapkan footage video yang telah ada, fotografi, diagram dan grafik, gambar ilustrasi, atau animasinya. Tetapi banyak pula para videographer yang memulai dari awal atau dari nol. Intinya tujuan pra produksi mempersiapkan segala sesuatunya agar proses produksi dapat berjalan sesuai konsep dan menghasilkan suatu karya digital video sesuai dengan harapan. Beberapa tahap yang perlu dilakukan di tahap pra-produksi sebagai berikut: (Next .....)


LEMBAR KERJA SISWA
Alat dan Bahan :
1. Komputer/Handphone
2. Buku Tulis
Cara Kerja :
1.  Cari film pendek yang bertemakan tentang promosi teknik komputer dan jaringan.
2.  Buatlah rangkuman cerita film pendek tersebut ke dalam buku tulis
3.  Kumpulkanlah dalam bentuk dokumentasi dan kirimkan ke no handphone guru pengampu.

Isilah Kolom komentar dengan sedikit rangkuman materi diatas disertai dengan nama lengkap sebagai kelengkapan absensi kehadiran kalian!

Senin, 02 Agustus 2021

 

PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN - KETRAMPILAN
(PKK-K The Series - Chapter 1)
KELAS XII TKJ


PERTEMUAN KE-1

BAB 1. Mempresentasikan Berbagai Konsep Teknologi Aplikasi Web
            A. Konsep Word Wide Web
            B. Teknologi Aplikasi Web
            C. Macam-macam Browser
            D. Konsep Web Server
            E. Macam-macam Editor Teks


A. Konsep Word Wide Web
1. Apa itu Web ?
Web (World Wide Web) merupakan salah satu layanan yang didapat oleh pemakai komputer yang terhubung ke internet, yang dapat memudahkan pengguna komputer untuk berinteraksi dengan pengguna internet lainnya dan mencari informasi yang diperlukan.
Web Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1992, hal ini sebagai hasil usaha pengembangan yang dilakukan CERN di Swiss.
Internet dan Web adalah dua hal yang berbeda, internet lebih ke perangkat keras, sedangkan Web adalah perangkat lunak.
Halaman depan web disebut dengan HOMEPAGE
Penyajian informasi melalui web dapat dinikmati pemakai komputer melalui browser yang terhubung keinternet melalui HTTP.
Secara Umum halaman web dibangun dengan sebuah bahasa pemrograman bernama HTML
2. Web browser :
Browser web merupakan software yang digunakan untuk menampilkan informasi dari server web.
Contoh dari web browser : Opera, Mozzila, Netscape Navigator, Internet Explorer, Lynx, Konqueror.
3. Server Web
Server web adalah komputer yang digunakan untuk menyimpan dokumen dokumen web, komputer ini akan melayani permintaan dokumen web dari kliennya.
Contoh dari web server : IIS, PWS, Apache, Xitami.
4. Konsep Dasar Web
Penyajian informasi melalui web dapat dinikmati pemakai komputer melalui browser yang terhubung keinternet melalui HTTP.
Secara Umum halaman web dibangun dengan sebuah bahasa pemrograman bernama HTML
HTTP (HyperText Transfer Protokol) adalah protokol yang menentukan aturan yang hrus diikuti oleh browser web dalam meminta atau mengambil suatu dokumen dan server web dalam menyediakan dokumen dokumen yang diminta.
Ada dua cara untuk membuat sebuah web page:
1. dengan menggunakan editor teks biasa (notepad, editplus)
2. dengan HTML Editor.
5. Arsitektur Web
URL (uniform Resources Locator) adalah sarana yang digunakan untuk menentukan lokasi informasi pada suatu webserver.
Format umum suatu URL adalah :
protokol transfer://nama_host/path/nama_file.
Contoh :
http//www.smk752purwokerto.sch.id/ 
DNS adalah format penamaan standar untuk mempermudah pengeloaan server komputer diinternet.
DNS membuat tingkatan-tingkatan domain yang merupakan kelompok komputer yang terhubung keinternet. 
Nama Domain



6. Web Server Software (PHPTriad, PHP Nuke)
Web Server adalah komputer yang digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen web. Komputer ini akan melayani permintaan dokumen dari kliennya.
Browser web berkomunikasi melalui jaringan server web dgn menggunakan HTTP.
PHPTriad --> paket web server dan database server dengan apache & Mysql.
PHPNuke --> paket web server dan database server dengan xitami dan Mysql.
Keduanya diperuntukkan untuk PHP.

 

ADMINISTRASI SISTEM JARINGAN 
(ASJ The Series - Chapter 2)
KELAS XII TKJ


PERTEMUAN KE-1 (LANJUTAN)


3.1 Mengevaluasi Control Panel Hosting
Setelah Mengikuti Proses Pembelajaran ini :
1. Peserta didik dapat Menjelaskan konsep Control Panel Hosting
2. Peserta didik Menentukan cara konfigurasi Control Panel Hosting
3. Peserta didik Melakukan konfigurasi Control Panel Hosting
4. Peserta didik Menguji hasil konfigurasi Control Panel Hosting
5. Peserta didik Membuat laporan konfigurasi Control Panel Hosting

Untuk penjelasan materi dapat diklik pada video dibawah ini :




Catat rangkuman video diatas dalam buku catatan, kerjakan penugasan-penugasan bagi materi yang yang belum terselesaikan dan jangan lupa isi kolom komentar untuk absensi kehadiran !

BUKU GURU SMA KELAS X - KURIKULUM MERDEKA

  BUKU GURU SMA KELAS X - KURIKULUM MERDEKA B abeh Opiq 76 berbagi file  Buku Guru Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) Kelas X (Se...