Selasa, 27 Juli 2021

PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN - KETRAMPILAN (PKK-K The Series - Chapter 1) KELAS XII TKJ

 

PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN - KETRAMPILAN
(PKK-K The Series - Chapter 1)
KELAS XII TKJ


Pemrograman Web


KI-3 (Pengetahuan)    :   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KI-4 (Keterampilan)   :    Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.



MATERI PEMBELAJARAN
BAB 1. Mempresentasikan Berbagai Konsep Teknologi Aplikasi Web
            A. Konsep Word Wide Web
            B. Teknologi Aplikasi Web
            C. Macam-macam Browser
            D. Konsep Web Server
            E. Macam-macam Editor Teks
BAB 2. Membuat Kode HTML untuk Menampilkan Teks dalam Format Tertentu pada Halaman Web
            A. Struktur Dasar HTML (Hyper Text Markup Language)
            B. Menulis Tag HTML dengan Editor Teks
            C. Menambahkan Gambar dengan Tag Image dan Parameternya
            D. Menambahkan Hyperlink pada Teks dan Image
            E. Tag HTML untuk Format Teks
BAB 3. Membuat Kode HTML untuk Menampilkan Tabel pada Halaman Web
            A. Konsep Pembuatan Tabel dengan HTML
            B. Pembuatan Tag Table HTML dengan Editor Teks
BAB 4. Membuat Kode HTML untuk Menampilkan Tampilan Format Multimedia pada Halaman Web
            A. Konsep Tampilan Multimedia dalam Teknologi Halaman Web
            B. Tag HTML untuk Tampilan Gambar dalam Halaman Web
            C. Tag untuk Tampilan Audio dalam Halaman Web
            D. Tag untuk Tampilan Video dalam Halaman Web
            E. Tag untuk Menampilkan Animasi pada Halaman Web
BAB 5. Membuat Kode HTML untuk Menampilkan Format Kaitan pada Halaman Web
            A. Konsep Format Kaitan (Link) dalam Halaman Web
            B. Format Link Antar Isi pada Suatu Halaman Web
            C. Format Link Antar Halaman Web untuk Membentuk Sitemap
            D. Format Target Link, Email, dan Telepon
            E. Unjuk Kerja
BAB 6. Form Halaman Web
            A. Konsep Formulir Dalam Halaman Web
            B. Anatomi dari Form
            C. Elemen Input Teks pada Formulir Halaman Web
            D. Elemen Input Pilihan pada Halaman Web
            E. Elemen Input Tombol
            F. Elemen Tambahan

RUANG LINGKUP PEMBELAJARAN
Ruang lingkup pembelajaran berisi pemetaan materi yang ada pada tiap-tiap unit, tujuan pembelajaran berisi tujuan yang ditargetkan dari proses pembelajaran yang disajikan pada tiap-tiap unit, kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan yang dilakukan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang terdiri atas aktivitas mengamati, menanya, mengumpulkan data, mendiskusikan, dan menyajikan.

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Perhatikan dan pahami peta materi pembelajaran sebagai petunjuk sebaran materi bahasan
2. Materi pembelajaran dapat dibaca secara keseluruhan dari awal sampai akhir tetapi juga bisa dibaca sesuai dengan pokok bahasannya
3. Materi pembelajaran yang dipelajari disesuaikan dengan proses dan langkah pembelajarannya di dalam dan di luar kelas

PENERAPAN PENILAIAN
Penerapan penilaian mata pelajaran dasar-dasar desain, pengetahuan bahan dan ekonomi kreatif yang merujuk pada penilaian otentik dapat menggunakan jenis penilaian dengan menganalisa materi pembelajaran sebagai berikut :
 Apabila tuntutan indikator melakukan sesuatu, maka teknik penilaiannya adalah unjuk kerja (performance).
 Apabila tuntutan indikator berkaitan dengan pemahaman konsep, maka teknik penilaiannya adalah tes tertulis atau lisan. 
Apabila tuntutan indikator memuat unsur penyelidikan, maka teknik penilaiannya adalah proyek

Demikian penjelasan materi mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan - Ketrampilan (PKK-K) Kelas XII Teknik Komputer dan Jaringan SMK Tujuh Lima 2 Purwokerto.
Selanjutnya kerjakan pretest dibawah ini sebagai penjajakan kemampuan awal sebelum materi pembelajaran dimulai.

PRE TEST
a. Apakah yang dimaksud dengan website dan blog?
b. Jelaskan perbedaan dan kesamaan website dan blog!
b. Apakah yang dimaksud dengan Kode HTML?
c. Apakah yang dimaksud dengan multimedia?
d. Apakah yang dimaksud dengan hyperlink?


Tuliskan testimoni atau harapan akhir kalian setelah mendapatkan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan - Ketrampilan didalam kolom komentar disertai dengan nama!

1 komentar:

  1. Mampu dan kreatif dalam menjalankan usaha dengan baik
    #Ike Nur Khasanah

    BalasHapus

Tugas Diskusi: Sistem Komputer Tujuan: Memahami komponen dan fungsi dasar dari sistem komputer serta bagaimana sistem ini bekerja untuk men...