Mendesain Keyakinan Kelas Untuk Mata Pelajaran Informatika
Kegiatan pembelajaran tatap muka sudah mulai dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan di sekolah yang sanagat ketat. Para murid menyambut hal ini dengan riang gembira karena bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka yang sebelumnya serba daring dan terbatas karena masa pandemi. Pada pertama hari masuk kelas, para guru dan murid biasanya memulai pembelajaran dengan membuat beberapa kesepakatan tentang apa yang dapat dilakukan dilakukan selama kegiatan belajar mengajar satu tahun ke depan.
Di SMA Negeri 3 Purwokerto, ada sebuah kesepakatan bersama antara guru dan murid untuk lancarnya kegiatan belajar mengajar mata pelajaran yang disebut dengan keyakinan kelas. Mengapa harus memiliki keyakinan kelas? Bukannya peraturan kelas atau kontrak belajar? Saat ini hampir semua sekolah menerapkan adanya peraturan kelas atau kontrak belajar yang dibuat di awal tahun pelajaran baru. Dimana keyakinan kelas dibuat untuk memberikan semangat yang timbul dari diri murid dan tidak mengandung unsur unsur kalimat yang negatif.
Mari kita buat perenungan dari pertanyaan berikut. “Dalam peraturan berkendara khususnya kendaraan roda dua dalam hal ini sepeda motor, "mengapa kita diwajibkan untuk mengenakan helm saat mengendarai sepeda motor?” Tentu saja jawaban kita adalah “untuk menjaga keselamatan kepala selama kita berkendara”. Contoh pertanyaan yang selanjutnya adalah, “Dalam menjaga protokol kesehatan mengapa kita diwajibkan untuk menggunakan masker dan mencuci tangan setiap waktu?” Tentu jawaban dari kita adalah "untuk kesehatan dan/atau untuk keselamatan bagi diri kita agar tidak tertular virus covid-19”. Disaat kita menyadari dan termotivasi untuk selalu menjawab “untuk keselamatan”, maka kita akan menjadi yakin dan selalu aturan tersebut atas dasar kemauan sendiri.
Menurut Gossen (1998), sebuah keyakinan akan lebih memotivasi seseorang secara intrinsik atau dari dalam. Seseorang akan lebih tergerak dan bersemangat menjalankan keyakinannya daripada sekedar mengikuti serangkaian peraturan. Murid-murid pun demikian. Mereka perlu mendengarkan dan mendalami suatu keyakinan daripada hanya mendengarkan peraturan-peraturan yang mengatur mereka ini dan itu.
Persamaan keyakinan kelas dengan yang namanya kontrak belajar atau peraturan kelas adalah sama-sama dirancang guru dan murid. Namun, ada perbedaan diantara keduanya cukup banyak. Salah satunya perbedaannya, dalam keyakinan kelas tidak ada unsur kalimat negatif atau larangan dengan kalimat yang bersifat umum.
Untuk merancang keyakinan kelas di lingkungan yang sebelumnya sudah memiliki kontrak belajar atau peraturan kelas, perlu ada sosialisasi atau pengenalan kepada guru-guru dan murid-murid. Sosialisasi dilakukan kepada para guru untuk menyamakan persepsi dan menumbuhkan budaya positif di lingkungan kelas.
Seperti yang dilakukan di kelas X SMA Negeri 3 Purwokerto peraturan kelas sudah berganti menjadi dengan sebuah keyakinan kelas. Hasil akhir dari perancangan keyakinan kelas selanjutnya dibuat atau didesain dalam bentuk spanduk dan ditempel di kelas.
Perancangan
Ada beberapa urutan yang dapat dilakukan dalam merancang keyakinan kelas. Pertama, guru meminta semua murid di kelas untuk menuliskan apa saja aturan yang perlu disepakati bersama di kelas. Kedua, semua usulan dari murid ditulis pada lembaran kertas. Ketiga, kalimat-kalimat yang sudah disepakati menjadi keyakinan kelas diubah menjadi kalimat positif. Misalnya, pernyataan “dilarang mengganggu teman” diubah menjadi “hormatilah semua teman”.
Keempat, guru dan murid mengecek kembali usulan dari berbagai murid apakah masih ada pernyataan yang berbentuk aturan. Guru dan murid mendiskusikan kembali poin-poin tersebut untuk menemukan nilai kebaikan atau keyakinan yang menjadi pokok utama keyakinan kelas. Usulan dari murid yang dirangkum tersebut bisa menjadi satu kalimat keyakinan kelas jika kalimat-kalimat tersebut memiliki tujuan yang sama. Misalnya pernyataan-pernyataan tentang berjalan di kelas, mendengarkan informasi guru, dan hadir tepat waktu, bisa digabung menjadi satu kalimat keyakinan, yaitu keyakinan untuk saling menghormati. Keyakinan itulah yang menjadi kalimat yang disepakati bersama. Cara seperti ini yang bisa dilakukan untuk mengubah kalimat berbentuk peraturan menjadi bentuk keyakinan kelas.
Kelima, cek kembali keyakinan kelas secara berulang dan bersama-sama. Banyaknya peraturan yang telah digabung menjadi satu keyakinan membuat poin-poin menjadi lebih sedikit. Pada prinsipnya, keyakinan kelas memang tidak terlalu banyak atau hanya berkisar empat hingga lima poin. Jika jumlah poin terlalu banyak, murid justru akan susah mengingatnya.
Keenam, jika keyakinan kelas selesai sudah disepakati, guru bersama murid bisa meninjau kembali dan membubuhkan tanda tangan sebagai simbol kesepakatan bersama dan diyakini bersama. Ketujuh, keyakinan kelas ditempel di tempat yang strategis atau mudah dilihat di dalam ruang kelas. Bisa juga daftar keyakinan kelas itu didesain dan dicetak dalam bentuk yang unik.
Contohnya poin-poin keyakinan kelas itu seperti senantiasa menghormati orang lain; berkomitmen terhadap setiap tugas yang diberikan oleh guru dan kelompok; senantiasa membantu; disiplin belajar dan beribadah; dan prokes harga mati.
Setelah keyakinan kelas terbentuk, setiap hari guru bisa membacakan keyakinan kelas tersebut sebelum pelajaran dimulai. Guru bisa meminta murid untuk membacakan secara bergantian agar murid dapat mengingat setiap pernyataan yang telah tertulis dalam keyakinan kelas. Selain itu, perlu ada pendalaman setiap poin keyakinan kelas dengan berbagai kegiatan nyata agar murid lebih mudah memahami setiap pernyataan dalam keyakinan kelas tersebut.
Dampak dari keyakinan kelas yang dirancang dan diterapkan di sekolah adalah terwujudnya budaya positif di lingkungan sekolah. Budaya positif merupakan bentuk dari nilai-nilai atau keyakinan umum yang diimplementasikan di sekolah.
Keenam, jika keyakinan kelas selesai sudah disepakati, guru bersama murid bisa meninjau kembali dan membubuhkan tanda tangan sebagai simbol kesepakatan bersama dan diyakini bersama. Ketujuh, keyakinan kelas ditempel di tempat yang strategis atau mudah dilihat di dalam ruang kelas. Bisa juga daftar keyakinan kelas itu didesain dan dicetak dalam bentuk yang unik.
Contohnya poin-poin keyakinan kelas itu seperti senantiasa menghormati orang lain; berkomitmen terhadap setiap tugas yang diberikan oleh guru dan kelompok; senantiasa membantu; disiplin belajar dan beribadah; dan prokes harga mati.
Setelah keyakinan kelas terbentuk, setiap hari guru bisa membacakan keyakinan kelas tersebut sebelum pelajaran dimulai. Guru bisa meminta murid untuk membacakan secara bergantian agar murid dapat mengingat setiap pernyataan yang telah tertulis dalam keyakinan kelas. Selain itu, perlu ada pendalaman setiap poin keyakinan kelas dengan berbagai kegiatan nyata agar murid lebih mudah memahami setiap pernyataan dalam keyakinan kelas tersebut.
Dampak dari keyakinan kelas yang dirancang dan diterapkan di sekolah adalah terwujudnya budaya positif di lingkungan sekolah. Budaya positif merupakan bentuk dari nilai-nilai atau keyakinan umum yang diimplementasikan di sekolah.
Penugasan Bagi Murid Tentang Keyakinan Kelas (Tuliskan dalam lembaran kertas)
1. Buatlah usulan tentang keyakinan kelas untuk masing masing individu murid disertai dengan hal yang mendasari hal tersebut !
2. Apakah guru melibatkanmu saat mendiskusikan keyakinan kelas?
3. Apakah guru telah menjelaskan fungsi dan kegunaan keyakinan kelas dengan menggunakan berbagai media sehingga kalian memahaminya?
4. Apakah guru sering mendiskusikan dengan kalian tentang sebuah keyakinan kelas?
Berikan juga komentar tentang artikel atau informasi di atas pada kolom komentar dibawah ini.
Stiffa Loftya Mita
BalasHapus33/xe-8
Sebuah kesepakatan bersama antara guru dan murid untuk lancarnya kegiatan belajar mengajar mata pelajaran yang disebut dengan keyakinan kelas.
Dampak dari keyakinan kelas yang dirancang dan diterapkan di sekolah adalah terwujudnya budaya positif di lingkungan sekolah.
Nama : Caela Naya N
BalasHapusKelas : X E-8
No : 7
Menurut saya ada keyakinan kelas dibuat untuk memberikan kedisiplinan, semangat, tanggung jawab dan selalu mengandung unsur unsur kalimat yang positif.
Nama : Hikmah Wati Karunia Putri
BalasHapusKelas : X E-8
Absen : 15
Menurut saya pribadi, dari materi ini kita bisa belajar tentang pembuatan keyakinan kelas, kita jadi tahu dampak dari keyakinan kelas, poin poin keyakinan kelas, perancangan keyakinan kelas dan mengapa kita harus membuat keyakinan kelas.
Salwa nashita debba/32/XE8
BalasHapusKeyakinan kelas ini menurut saya sangat penting karna bisa membuat warga kelas disiplin
Zerlina hema permata/37/XE8
BalasHapusMenurut saya keyakinan kelas ini sangatlah penting bagi suatu lingkup kecil yang bernama kan kelas. Adanya keyakinan kelas bisa membuat siswa lebih bisa belajar menaati peraturan
Nama: Queenarra nasywa aurellia
BalasHapusKelas: XE-8
Absen: 28
menurut saya, adanya keyakinan kelas bisa membuat kita lebih disiplin dan bertanggung jawab
Muhammad Shidiq A.
BalasHapusXe-8/23
Adanya kesepakatan kelas atau lebih tepatnya keyakinan kelas ini dibuat oleh guru beserta murid untuk memudahkan dalam proses pembelajaran dan juga meningkatkan kedisiplinan dalam mengerjakan tugas maupun soal soal dari guru,tanggung jawab,serta adanya keyakinan kelas ini dapat membentuk karakter kita masing masing.
Naifah/XE-8
BalasHapusMenurut saya dari materi ini kita bisa mengetahui belajar pembuatan keyakinan kelas
Nama : A'isyah Nur Listy
BalasHapusKelas : XE 8
No. Absen :1
Menurut saya pribadi, dari materi ini kita dapat mengetahui tentang pengertian keyakinan kelas, perancangan keyakinan kelas, manfaat, serta dampak keyakinan kelas.
Fabian Ibrahim E.
BalasHapusXE8
12
Menurut saya, dalam materi ini kita dapat mempelajari tentang apa itu keyakinan kelas dan cara pembuatanya
nama: putri Maya Sari
BalasHapuskelas:XE-8
absen:27
Menurut saya keyakinan kelas dapat siswa lebih tergerak dan bersemangat menjalankan keyakinannya
Nama: Tsiqifa Maifiqa Hasna
BalasHapusKelas:XE-8
Absen:35
Dari materi tersebut dapat kita ambil manfaatnya yaitu terwujudnya budaya positif di lingkungan sekolah
nama:intana nurlaeli
BalasHapusabsen:17
kelas:XE8
menurut saya keyakinan kelas itu untuk memberikan semangat yang timbul dari diri murid dan tidak mengandung unsur unsur kalimat yang negatif.
Nama : ladina lintang vania
BalasHapusKelas : XE-8
Absen : 16
Menurut saya keyakinan kelas itu penting dengan keyakinan maka lebih dapat menggerakkan dari pada peraturan atau tata tertib yang selama ini ada karena bersumber dari keyakinan hati siswa dalam membuat keyakinan kelas .
Baik pak materinya bagus . Dan mudah dimegerti
BalasHapusNama:Tri junianto
BalasHapusKelas:XE-8
No Absen: 34
Menurut saya Pribadi Adanya Keyakinan Kelas Dapat Membuat Murid-Murid Lebih Di Siplin dan Memiliki Rasa Tangung Jawab Dan Juga Dapat Membuat Saya Menjadi lebih konsisten Terhadap Peraturan Yang Ad di Dalam kelas
Contohnya: Saya Piket di hari Juma'at
Maka Saya Di Hari Juma'at Berangkat Lebih Awal Agar Dapat Melaksanakan Piket
*Dan Ini Yang Di namakan Jiwa Konsisten*
Nama : Rofi riski pratama
BalasHapusKelas : XE8
No : 31
Materinya bagus pak dan mudah dimengerti
Nama: Uswatun khasanah
BalasHapusKelas : XE8
Absen: 36
Menurut saya, materi di atas sangatlah penting karena dengan adanya keyakinan kelas siswa bisa menjadi disiplin, menghormati orang lain, bertanggung jawab, Keyakinan kelas ini juga memiliki nilai kebaikan
nama:Atik nur alifah
BalasHapuskelas:x e-8
menurut saya keyakinan kelas sangat penting untuk di miliki oleh siswa,karena berdampak dengan kepercayaan diri.
Nama : Resti Nursinta
BalasHapusKelas : XE 8
Absen : 29
Menurut saya keyakinan seharusnya dibuat supaya menumbuhkan keterlibatan murid dalam membentuk keyakinan kelas untuk mencapai kelas impian bersama guna pembelajaran yang efektif.
Nama :Erlin Azaria
BalasHapusKelas :XE 8
Absen :11
Penjelasannya Bagus
Dengan adanya keyakinan kelas terciptalah budaya positif di kelas