Rabu, 24 Agustus 2022

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) - 1

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)


Pada akhir fase E, peserta didik mampu memanfaatkan berbagai aplikasi secara bersamaan dan optimal untuk berkomunikasi, mencari informasi di internet, serta mahir menggunakan fitur lanjut aplikasi perkantoran (pengolah kata, angka, dan presentasi) beserta otomasinya untuk mengintegrasikan dan menyajikan konten aplikasi dalam berbagai representasi yang memudahkan analisis dan interpretasi konten

Tujuan Pembelajaran untuk Domain TIK : Capaian Pembelajaran Domain : peserta didik mampu memanfaatkan berbagai aplikasisecara bersamaan dan optimal untuk berkomunikasi, mencari informasi di internet, sertamahir menggunakan fitur lanjut aplikasi perkantoran (pengolah kata, angka, danpresentasi) beserta otomasinya untuk mengintegrasikan dan menyajikan konten aplikasidalam berbagai representasi yang memudahkan analisis dan interpretasi konten tersebut.

Unit Pembelajaran X.2 : Teknologi Informasi dan Komunkasi (TIK)

Tujuan Unit : Unit ini membahas tentang komunikasi daring dan pengoperasian aplikasi perkantoran (office)

Domain TIK : Perkiraan Jam Pembelajaran Unit 44 JP

Kata Kunci : Komunikasi daring, aplikasi perkantoran

Penjelasan Singkat (Isi dan Proses) : Siswa dapat memahami konsep komunikasi daring dan menerapkannya, Siswa dapat mengoperasikan aplikasi perkantoran

Profil Pelajar Pancasila : Berpikir kritis dalam memahami dan menerapkan konsepkomunikasi daring dan Kreatif dan mandiri dalam mengoperasikan aplikasi perkantoranuntuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari

Glosarium : Komunikasi daring adalah komunikasi dalam jaringan, baiksinkron maupun asinkron, Ms Word adalah aplikasi pengolah kata, Ms Excel adalah aplikasi pengolah angka, Ms Powerpoint adalah aplikasi pengolah presentasi

Tujuan Pembelajaran

TIK 1. Memahami pengertian komunikasi daring (Komunikasi daring)

TIK 2. Menggunakan komunikasi daring sinkron dan asinkron (Komunikasi daring) 

TIK 3. Memahami pengertian pencarian informasi di internet (Pencarian informasi di internet)

TIK 4. Menerapkan teknik pencarian di internet, (Pencarian informasi di internet)

TIK 5. Mengoperasikan aplikasi pengolah kata (Aplikasi pengolah kata) 

TIK 6. Mengoperasikan aplikasi pengolah angka (Aplikasi pengolah angka)

TIK 7. Mengoperasikan aplikasi pembuat presentasi (Aplikasi presentasi)

59 komentar:

  1. Nama : Janitra Gian Ramadhan
    Kelas : Xe - 7
    No : 1
    Materi ini sangat baik dan bermanfaat

    BalasHapus
  2. Nama : Taufiq Ariefianto
    Kelas : Guru Kelas X
    Harapan : bla bla bla

    BalasHapus
  3. Nama : Hesty Paramitha Damayanti
    Kelas : X-E5
    No Absen : 15
    Harapan saya setelah selesai mempelajari materi tentang TIK kita langsung menuju ke Laboratorium komputer untuk mempraktekkannya supaya bisa lebih memahami, selain itu kita bisa dapat ilmu tentang TIK, dan juga tahu bagaimana cara mempraktekkannya.

    BalasHapus
  4. Nama : Nazwa Nazalia Nafisa
    Kelas : Xe - 5
    No : 25
    Materi sangat asik dan menyenangkan

    BalasHapus
  5. Nama: M Rasya Putra Ramadhan
    Kelas: XE5
    Absen: 23
    langsung gas buat makaroni telornya rek, liat nah kalo ngasih telor buanyak, ga pelit sama sekali lho ya. Kalo di daerah mu jajanan ini apa sih rek, liat nah biak biuk biak biuk maklornya di tuang ke baskom full, haluk micine buanyak cik. Terus diaduk sampeeek kecampur rata semuanya rek. Ini lho penampakan maklor sebaskom full. Mari kita coba bisa habis ga yah, ini maklor langganan ku rek

    BalasHapus
  6. Nama : Shafrilia Nur Afifah
    Kelas : XE-5

    Harapan saya setelah belajar TIK adalah diharapkan pak guru memperbanyak praktek agar pelajaran lebih mudah di pahami.

    BalasHapus
  7. Nama: Mayang Ariyani
    Kelas: XE'5
    No Absen: 21
    Harapan saya adalah setelah selesai mempelajari tentang TIK kita langsung praktek untuk mengetahui cara memakai computer

    BalasHapus
  8. nama: Safira Olivia Putri
    kelas: XE5
    harapan saya ingin lebih paham materinya

    BalasHapus
  9. Nama Junior S.H
    Kelas XE5
    Harapan semangat trus pak meski agak bosenin pelajarannya

    BalasHapus
  10. Nama : Lutfi Ayu Wulandari
    Kelas. : XE 5
    Harapan : harapan saya untuk materi ini lebih ke praktek karena terkait dengan komputer

    BalasHapus
  11. Nama : Khasna Ardila
    Kelas : XE-5
    Harapan: Semogaaaa....Aminnn

    BalasHapus
  12. Nama : Anggita fidriani
    Kelas : XE5
    Harapan : praktek yg menyenangkan

    BalasHapus
  13. Nama: Panji Dhamar Panuluh
    Kelas: XE 5
    No: 27
    Harapannya sih semoga semakin banyak utk praktek komputasi nya

    BalasHapus
  14. Nama:Zaky firmansyah
    Kelas:XE5
    Absen:36
    Materi ini sangat menyenangkan semoga pelajaran informatika full praktek

    BalasHapus
  15. Nama : Brian Fairuz Safi
    Kelas : XE - 5
    Harapan : Cepat praktek untuk ke lab komputer

    BalasHapus
  16. Nama:Ni'matul farida
    Kelas:XE-5
    Harapan sya selama pembelajaran TIK saya bisa mengerjakan tugas-tugas

    BalasHapus
  17. Nama : Riski Nur hidayah
    Kelas : XE5
    Harapan : cepet praktek ke lab

    BalasHapus
  18. Nama : Arshita Ratu Athiyya
    Kelas : XE-5
    Harapan : bisa memahami materi-materi TIK dengan melakukan praktek

    BalasHapus
  19. Nama:AGAS DWI SAPUTRA
    NO. :1
    KELAS :X E 5
    HARAPAN:perbanyak praktek dong pak, biar lebih mudah

    BalasHapus
  20. Nama: Insafbania Izzathul Zulkarnaen
    Kelas: XE'5
    Absen: 16
    harapan saya ketika belajar TIK yaitu langsung praktek agar lebih memahami materinya

    BalasHapus
  21. Nama: Farrel Kaysan Kamil
    Kelas: XE-5

    Harapan saya bisa diperbanyak praktek tentang komputer

    BalasHapus
  22. Nama: M Khiyarul Waro
    Kelas: XE5
    Harapan: Dengan mempelajari TIK ini hal hal yang belum diketahui dapat mengetahuinya dan semoga langsung gas praktek yuuhhh gian gagian kog.

    BalasHapus
  23. Nama : Zalfa Sekar anindya
    Kelas : Xe-5
    Absen : 37
    harapan saya di pembelajaran ini lebih di perbanyak praktek di lab dan pembelajaran diharapkan lebih menarik dan berwarna
    Tolong perbaiki error nya pack xixi saya susah kirim

    BalasHapus
  24. Nama: Agustina Mahbubah
    Kelas: XE 5
    Absen : 2
    harapan saya perbanyak praktek

    BalasHapus
  25. Nama:Syafiq nur rafi
    Kelas:XE5
    Harapan: semoga banyak praktek komputernya karna saya cinta komputer

    BalasHapus
  26. Nama:Angga Rizkyanto
    Kelas:X-E5
    Absen:3
    Harapan saya belajar TIK adalah untuk memahami komputer dan cepat praktek

    BalasHapus
  27. Nama: Raysakha gadi
    Kelas: XE5
    Harapan: seandainya kau tau..... ku sangat ingin praktek

    BalasHapus
  28. Nama: Hanif sajiwo
    Kelas:XE5
    Harapan:
    Gas praktek pak

    BalasHapus
  29. Nama : Bunga Ayu S
    Kelas : XE-5
    No: 8
    Harapan : Praktek ke lab secepatnya

    BalasHapus
  30. Nama : Dzulfikar Arroisyie
    Kelas : XE5
    Materinya mudah dipahami, harapan saya lebih diperbanyak prakteknya.

    BalasHapus
  31. Nama : Kirania Eka Putri
    Kelas : X E 5
    No : 19
    Harapan : full praktek

    BalasHapus
  32. Nama: Dwi Erliana
    Kelas: XE- 5
    Harapan: pembelajaran dengan praktek langsung

    BalasHapus
  33. Nama : Nafasha Dhani AP
    Kelas : XE 5

    Harapan saya belajar TIK adalah praktek supaya dapat lebih memahami,asik dan tidak membosankan

    BalasHapus
  34. Nama: Engrishia kw
    kelas: xE 5
    saya harap saya tidak mengantuk dipelajaran ini 🗿

    BalasHapus
  35. Nama : Siti Alifian Suryani
    Kelas : X-5
    Harapan saya di pelajaran TIK adalah benar lebih baik selalu praktek karena bagi saya memang harus banyak praktek bukan hanya materi dan itu tidak di dalam kelas , karena di kelas kita panas

    BalasHapus
  36. Nama: tri Zaenul
    Kelas: XE-5
    No: 35
    Harapan saya semoga saya paham dngn materinya

    BalasHapus
  37. Nama Azril Ilham f.
    Kelas XE5
    Harapan saya semoga banyak praktek nya

    BalasHapus
  38. Nama : Dealova pw
    Kelas : XE5

    Menurut saya, materi yang bapak berikan sangat jelas dan mudah di pahami.

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Nama: Reika Aprilia Putri Ardina
    Kelas : XE5
    Harapannya semoga pembelajaran TIK lebih seru dan menyenangkan, dan kedepannya semoga jokesnya lebih lucu pak☝️😅

    BalasHapus
  41. Nama : A'isyah Nur Listy
    Kelas : XE 8
    No. Absen : 1
    Materinya mudah dipahami, kita jadi tahu materi TIK dan lebih mudah dipahami jika langsung praktek pak🙏

    BalasHapus
  42. Nama: Stiffa Loftya Mita
    Kelas: xe 8
    Absen: 33
    menurut saya materi TIK yg diberikan pak taufik sangat mudah dipahami dan meyenangkan

    BalasHapus
  43. Nama:Zerlina Hema Permata
    Kelas: XE8
    Absen:37
    menurut saya TIK ini adalah pelajaran sangat lah menyenangkan karna memanfaatkan teknologi teknologi di era masa kini dan tidak hanya menulis dan memahami materi tapi dimapel ini kita bisa bermain alat komunikasi dan coba menggunakan nya

    BalasHapus
  44. Nama : Salwa Nashita Deeba
    Kelas : XE 8
    No. Absen : 32
    Materi mudah di pahami, saya sangat paham dengan materi ini karna asik dan menyenangkan

    BalasHapus
  45. Nama: Tsiqifa maifiqa hasna
    kelas:XE 8
    no absen:35
    materinya mudah dipahami,asik dan tidak membosankan harapan saya lebih diperbanyak prakteknya gass pak

    BalasHapus
  46. Nama: Naifah Elfariani
    Kelas: XE-8
    Absen: 19

    Menurut saya lebih perbanyak praktek biar materi lebih mudah

    BalasHapus
  47. Nama: Queenarra nasywa
    Kelas: XE 8
    materinya mudah di pahami, semoga kedepannya lebih banyak praktek

    BalasHapus
  48. Nama: Erlin Azaria
    Kelas: XE 8
    Materinya jelas, saya jadi tahu materi TIK

    BalasHapus
  49. Nama: M Nur Faizi
    Kelas: XE-8
    Absen: 22
    Materi ini sangat menyenangkan dan sangat mudah dipahami, semoga kedepanya lebih mudah dipahami lagi

    BalasHapus
  50. Nama : revian mahardika
    Kelas : x-e 8
    Absen : 30
    Materi di blog ini sangat membantu dalam pemahaman materi,bisa berguna dan bermanfaat bagi murid

    BalasHapus
  51. Nama : Rofi riski pratama
    Kelas : XE 8
    Materi ini sangat jelas dan detail sehingga saya bisa mengerti pelajaran TIK

    BalasHapus
  52. Nama : Resti Nursinta
    Kelas : XE 8
    Harapan saya setelah belajar TIK adalah diharapkan pak guru memperbanyak praktek agar pelajaran lebih mudah di pahami

    BalasHapus
  53. Nama : Uswatun khasanah
    Kelas : XE8
    Absen : 36
    Menurut saya materi TIK mudah di pahami, semoga kedepannya lebih menyenangkan lagi

    BalasHapus
  54. Nama : LADINA LINTANG VANIA
    Kelas : XE-8
    Absen : 19

    Materi di blog ini sangat membantu agar Siswa dapat memahami konsep komunikasi daring dan menerapkannya, Siswa dapat mengoperasikan aplikasi perkantoran,Memahami pengertian komunikasi daring (Komunikasi daring),Menggunakan komunikasi daring sinkron dan asinkron (Komunikasi daring),Menerapkan teknik pencarian di internet, (Pencarian informasi di internet) dll

    BalasHapus
  55. Nama :Desi monika ikey
    Kelas : XE-8

    Harapan: saya ingin memahami materi dan muda mengerjakan tugas

    BalasHapus
  56. Nama : Angga Rizkyanto
    Kelas : XE-5
    KOMENTAR : Menurut saya materi ini sangat membantu buat saya. Untuk saya yg belum paham komputer

    BalasHapus

BUKU GURU SMA KELAS X - KURIKULUM MERDEKA

  BUKU GURU SMA KELAS X - KURIKULUM MERDEKA B abeh Opiq 76 berbagi file  Buku Guru Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) Kelas X (Se...