Jumat, 27 Mei 2022

Karakteristik Mata Pelajaran Informatika

 CAPAIAN PEMBELAJARAN INFORMATIKA

(Chapter 3)


Karakteristik Mata Pelajaran Informatika

Mata pelajaran Informatika mengintegrasikan kemampuan berpikir komputasional, keterampilan menerapkan pengetahuan Informatika, serta pemanfaatan teknologi (khususnya TIK) secara tepat dan bijak sebagai objek kajian dan alat bantu untuk menghasilkan solusi efisien dan optimal dari persoalan yang dihadapi masyarakat dengan menerapkan rekayasa dan prinsip keilmuan Informatika. Elemen mata pelajaran Informatika saling terkait satu sama lain membentuk keseluruhan mata pelajaran Informatika sebagaimana diilustrasikan pada gambar bangunan Informatika di bawah ini.

Gambar Bangunan Informatika

Keterangan:
TIK    : Teknologi Informasi dan Komunikasi
SK     : Sistem Komputer
JKI     : Jaringan Komputer dan Internet
AD     : Analisis Data
AP     : Algoritma dan Pemrograman
DSI     : Dampak Sosial Informatika

1. Elemen : Berpikir komputasional (BK)
Deskripsi : Mengasah keterampilan problem solving yang efektif, efisien, dan optimal sebagai landasan untuk menghasilkan solusi dengan menerapkan penalaran kritis, kreatif dan mandiri.
2. Elemen : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Deskripsi : Menjadi perkakas dalam berkarya dan sekaligus objek kajian yang memberikan inspirasi agar suatu hari peserta didik menjadi pencipta karya-karya berteknologi yang berlandaskan Informatika.
3. Elemen : Sistem komputer (SK)
Deskripsi : Pengetahuan tentang bagaimana perangkat keras dan perangkat lunak berfungsi dan saling mendukung dalam mewujudkan suatu layanan bagi pengguna baik di luar maupun di dalam jaringan komputer/internet.
4. Elemen : Jaringan Komputer dan Internet (JKI)
Deskripsi : Memfasilitasi pengguna untuk menghubungkan sistem komputer dengan jaringan lokal maupun internet
5. Elemen : Analisis data (AD)
Deskripsi : Memberikan kemampuan untuk menginput, memproses, memvisualisasi data dalam berbagai tampilan, menganalisis, menginterpretasi, dan memprediksi, serta mengambil kesimpulan serta keputusan berdasarkan penalaran.
6. Elemen : Algoritma dan Pemrograman (AP)
Deskripsi : Mengarahkan peserta didik menuliskan langkah penyelesaian solusi secara runtut dan menerjemahkan solusi menjadi program yang dapat dijalankan oleh mesin (komputer).
7. Elemen : Dampak Sosial Informatika (DSI)
Deskripsi : Menyadarkan peserta didik akan dampak Informatika dalam: (a) kehidupan bermasyarakat dan dirinya, khususnya dengan kehadiran dan pemanfaatan TIK, dan (b) bergabungnya manusia dalam jaringan komputer dan internet untuk membentuk masyarakat digital.
8. Elemen : Praktik Lintas Bidang (PLB)
Deskripsi : Melatih peserta didik bergotong royong untuk untuk menghasilkan artefak komputasional secara kreatif dan inovatif dengan mengintegrasikan semua pengetahuan Informatika maupun pengetahuan dari mata pelajaran lain, menerapkan proses rekayasa atau pengembangan (designing, implementing, debugging, testing, refining), serta mendokumentasikan dan mengomunikasikan hasil karyanya.

Beban belajar setiap elemen pada mata pelajaran Informatika tidak sama. BK, AD, AP, dan PLB memiliki beban belajar paling besar yang memungkinkan peserta didik berpikir kritis dan kreatif. SK dan JKI diberikan terbatas pada pengetahuan dasar dan penggunaannya. TIK dan DSI dapat diberikan sambil melakukan kegiatan yang berkaitan dengan elemen lainnya, dimana perkakas TIK saat ini semakin intuitif yang mudah dipelajari dan dimanfaatkan, sedangkan DSI merupakan aspek dari setiap area pengetahuan Informatika untuk menumbuhkan kepedulian pada masyarakat dan pembentukan karakter baik sebagai warga dunia maupun warga digital.

5 komentar:

  1. Aqila chandra pratama XE-826 Juli 2022 pukul 08.33

    Mata pelajaran Informatika mengintegrasikan kemampuan berpikir komputasional, keterampilan menerapkan pengetahuan Informatika, serta pemanfaatan teknologi (khususnya TIK) secara tepat dan bijak sebagai objek kajian dan alat bantu untuk menghasilkan solusi efisien dan optimal dari persoalan yang dihadapi masyarakat dengan menerapkan rekayasa dan prinsip keilmuan Informatika

    Keterangan:

    TIK    : Teknologi Informasi dan Komunikasi

    SK     : Sistem Komputer

    JKI     : Jaringan Komputer dan Internet

    AD     : Analisis Data

    AP     : Algoritma dan Pemrograman

    DSI     : Dampak Sosial Informatika


    1. Elemen : Berpikir komputasional (BK)

    Deskripsi : Mengasah keterampilan problem solving yang efektif, efisien, dan optimal sebagai landasan untuk menghasilkan solusi dengan menerapkan penalaran kritis, kreatif dan mandiri.

    2. Elemen : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

    Deskripsi : Menjadi perkakas dalam berkarya dan sekaligus objek kajian yang memberikan inspirasi agar suatu hari peserta didik menjadi pencipta karya-karya berteknologi yang berlandaskan Informatika.

    3. Elemen : Sistem komputer (SK)

    Deskripsi : Pengetahuan tentang bagaimana perangkat keras dan perangkat lunak berfungsi dan saling mendukung dalam mewujudkan suatu layanan bagi pengguna baik di luar maupun di dalam jaringan komputer/internet.

    4. Elemen : Jaringan Komputer dan Internet (JKI)

    Deskripsi : Memfasilitasi pengguna untuk menghubungkan sistem komputer dengan jaringan lokal maupun internet

    5. Elemen : Analisis data (AD)

    Deskripsi : Memberikan kemampuan untuk menginput, memproses, memvisualisasi data dalam berbagai tampilan, menganalisis, menginterpretasi, dan memprediksi, serta mengambil kesimpulan serta keputusan berdasarkan penalaran.

    6. Elemen : Algoritma dan Pemrograman (AP)

    Deskripsi : Mengarahkan peserta didik menuliskan langkah penyelesaian solusi secara runtut dan menerjemahkan solusi menjadi program yang dapat dijalankan oleh mesin (komputer).

    7. Elemen : Dampak Sosial Informatika (DSI)

    Deskripsi : Menyadarkan peserta didik akan dampak Informatika dalam: (a) kehidupan bermasyarakat dan dirinya, khususnya dengan kehadiran dan pemanfaatan TIK, dan (b) bergabungnya manusia dalam jaringan komputer dan internet untuk membentuk masyarakat digital.

    8. Elemen : Praktik Lintas Bidang (PLB)

    Deskripsi : Melatih peserta didik bergotong royong untuk untuk menghasilkan artefak komputasional secara kreatif dan inovatif dengan mengintegrasikan semua pengetahuan Informatika maupun pengetahuan dari mata pelajaran lain, menerapkan proses rekayasa atau pengembangan (designing, implementing, debugging, testing, refining), serta mendokumentasikan dan mengomunikasikan hasil karyanya.

    BalasHapus
  2. 1. Elemen : Berpikir komputasional (BK)
    Deskripsi : Mengasah keterampilan problem solving yang efektif, efisien, dan optimal sebagai landasan untuk menghasilkan solusi dengan menerapkan penalaran kritis, kreatif dan mandiri.
    2. Elemen : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
    Deskripsi : Menjadi perkakas dalam berkarya dan sekaligus objek kajian yang memberikan inspirasi agar suatu hari peserta didik menjadi pencipta karya-karya berteknologi yang berlandaskan Informatika.
    3. Elemen : Sistem komputer (SK)
    Deskripsi : Pengetahuan tentang bagaimana perangkat keras dan perangkat lunak berfungsi dan saling mendukung dalam mewujudkan suatu layanan bagi pengguna baik di luar maupun di dalam jaringan komputer/internet.
    4. Elemen : Jaringan Komputer dan Internet (JKI)
    Deskripsi : Memfasilitasi pengguna untuk menghubungkan sistem komputer dengan jaringan lokal maupun internet
    5. Elemen : Analisis data (AD)
    Deskripsi : Memberikan kemampuan untuk menginput, memproses, memvisualisasi data dalam berbagai tampilan, menganalisis, menginterpretasi, dan memprediksi, serta mengambil kesimpulan serta keputusan berdasarkan penalaran.
    6. Elemen : Algoritma dan Pemrograman (AP)
    Deskripsi : Mengarahkan peserta didik menuliskan langkah penyelesaian solusi secara runtut dan menerjemahkan solusi menjadi program yang dapat dijalankan oleh mesin (komputer).
    7. Elemen : Dampak Sosial Informatika (DSI)
    Deskripsi : Menyadarkan peserta didik akan dampak Informatika dalam: (a) kehidupan bermasyarakat dan dirinya, khususnya dengan kehadiran dan pemanfaatan TIK, dan (b) bergabungnya manusia dalam jaringan komputer dan internet untuk membentuk masyarakat digital.
    8. Elemen : Praktik Lintas Bidang (PLB)
    Deskripsi : Melatih peserta didik bergotong royong untuk untuk menghasilkan artefak komputasional secara kreatif dan inovatif dengan mengintegrasikan semua pengetahuan Informatika maupun pengetahuan dari mata pelajaran lain, menerapkan proses rekayasa atau pengembangan (designing, implementing, debugging, testing, refining), serta mendokumentasikan dan mengomunikasikan hasil karyanya.
    Beban belajar setiap elemen pada mata pelajaran Informatika tidak sama. BK, AD, AP, dan PLB memiliki beban belajar paling besar yang memungkinkan peserta didik berpikir kritis dan kreatif. SK dan JKI diberikan terbatas pada pengetahuan dasar dan penggunaannya. TIK dan DSI dapat diberikan sambil melakukan kegiatan yang berkaitan dengan elemen lainnya, dimana perkakas TIK saat ini semakin intuitif yang mudah dipelajari dan dimanfaatkan, sedangkan DSI merupakan aspek dari setiap area pengetahuan Informatika untuk menumbuhkan kepedulian pada masyarakat dan pembentukan karakter baik sebagai warga dunia maupun warga digital.

    BalasHapus
  3. Nama:Tri Juni anto
    Kls:X E-8
    No Absen:34
    Karakteristik Mata Pelajaran Informatika
    CAPAIAN PEMBELAJARAN INFORMATIKA

    Mata pelajaran Informatika mengintegrasikan kemampuan berpikir komputasional, keterampilan menerapkan pengetahuan Informatika, serta pemanfaatan teknologi (khususnya TIK) secara tepat dan bijak sebagai objek kajian dan alat bantu untuk menghasilkan solusi efisien dan optimal dari persoalan yang dihadapi masyarakat dengan menerapkan rekayasa dan prinsip keilmuan Informatika. Elemen mata pelajaran Informatika saling terkait satu sama lain membentuk keseluruhan mata pelajaran Informatika sebagaimana diilustrasikan pada gambar bangunan Informatika di bawah ini.


    Gambar Bangunan Informatika

    Keterangan:
    TIK : Teknologi Informasi dan Komunikasi
    SK : Sistem Komputer
    JKI : Jaringan Komputer dan Internet
    AD : Analisis Data
    AP : Algoritma dan Pemrograman
    DSI : Dampak Sosial Informatika

    1. Elemen : Berpikir komputasional (BK)
    Deskripsi : Mengasah keterampilan problem solving yang efektif, efisien, dan optimal sebagai landasan untuk menghasilkan solusi dengan menerapkan penalaran kritis, kreatif dan mandiri.
    2. Elemen : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
    Deskripsi : Menjadi perkakas dalam berkarya dan sekaligus objek kajian yang memberikan inspirasi agar suatu hari peserta didik menjadi pencipta karya-karya berteknologi yang berlandaskan Informatika.
    3. Elemen : Sistem komputer (SK)
    Deskripsi : Pengetahuan tentang bagaimana perangkat keras dan perangkat lunak berfungsi dan saling mendukung dalam mewujudkan suatu layanan bagi pengguna baik di luar maupun di dalam jaringan komputer/internet.
    4. Elemen : Jaringan Komputer dan Internet (JKI)
    Deskripsi : Memfasilitasi pengguna untuk menghubungkan sistem komputer dengan jaringan lokal maupun internet
    5. Elemen : Analisis data (AD)
    Deskripsi : Memberikan kemampuan untuk menginput, memproses, memvisualisasi data dalam berbagai tampilan, menganalisis, menginterpretasi, dan memprediksi, serta mengambil kesimpulan serta keputusan berdasarkan penalaran.
    6. Elemen : Algoritma dan Pemrograman (AP)
    Deskripsi : Mengarahkan peserta didik menuliskan langkah penyelesaian solusi secara runtut dan menerjemahkan solusi menjadi program yang dapat dijalankan oleh mesin (komputer).
    7. Elemen : Dampak Sosial Informatika (DSI)
    Deskripsi : Menyadarkan peserta didik akan dampak Informatika dalam: (a) kehidupan bermasyarakat dan dirinya, khususnya dengan kehadiran dan pemanfaatan TIK, dan (b) bergabungnya manusia dalam jaringan komputer dan internet untuk membentuk masyarakat digital.
    8. Elemen : Praktik Lintas Bidang (PLB)
    Deskripsi : Melatih peserta didik bergotong royong untuk untuk menghasilkan artefak komputasional secara kreatif dan inovatif dengan mengintegrasikan semua pengetahuan Informatika maupun pengetahuan dari mata pelajaran lain, menerapkan proses rekayasa atau pengembangan (designing, implementing, debugging, testing, refining), serta mendokumentasikan dan mengomunikasikan hasil karyanya.
    Beban belajar setiap elemen pada mata pelajaran Informatika tidak sama. BK, AD, AP, dan PLB memiliki beban belajar paling besar yang memungkinkan peserta didik berpikir kritis dan kreatif. SK dan JKI diberikan terbatas pada pengetahuan dasar dan penggunaannya. TIK dan DSI dapat diberikan sambil melakukan kegiatan yang berkaitan dengan elemen lainnya, dimana perkakas TIK saat ini semakin intuitif yang mudah dipelajari dan dimanfaatkan, sedangkan DSI merupakan aspek dari setiap area pengetahuan Informatika untuk menumbuhkan kepedulian pada masyarakat dan pembentukan karakter baik sebagai warga dunia maupun warga digital.

    BalasHapus
  4. Nama: Desi monika ikey
    Kelas: XE-8
    Absen: 9

    Mata pelajaran Informatika mengintegrasikan kemampuan berpikir komputasional, keterampilan menerapkan pengetahuan Informatika, serta pemanfaatan teknologi (khususnya TIK) secara tepat dan bijak sebagai objek kajian dan alat bantu untuk menghasilkan solusi efisien dan optimal dari persoalan yang dihadapi masyarakat dengan menerapkan rekayasa dan prinsip keilmuan Informatika

    BalasHapus

Tugas Diskusi: Sistem Komputer Tujuan: Memahami komponen dan fungsi dasar dari sistem komputer serta bagaimana sistem ini bekerja untuk men...