STRUKTUR ARTIKEL BERPIKIR KRITIS DAN DAMPAK SOSIAL INFORMATIKA
a. Judul
b. Nama penulis dan identitas
c. Intro – Pendahuluan dapat berisi :
Kumpulan Pernyataan
Suatu Kisah
Perumpamaan atau Puisi
d. Penghubung Tulisan
e. Batang Tubuh Tulisan – Uraian Pembahasan
f. Penutup berisi :
Simpulan
Pernyataan
akhir
Buatlah
artikel secara individu dengan memilih salah satu daftar judul artikel tentang
berpikir kritis dan dampak sosial informatika dibawah ini :
- Mengasah
Keterampilan Berpikir Kritis di Era Digital: Menguak Keberadaan Informasi Tersembunyi
- Navigasi Kritis di Lautan Informasi: Meningkatkan Kewaspadaan terhadap Hoaks dan Konten Menyesatkan
- Membangun Perisai Berpikir Kritis: Memahami Dampak Sosial Informatika pada Generasi Digital
- Berpikir Lebih Dalam, Berdampak Lebih Besar: Eksplorasi Koneksi Antara Berpikir Kritis dan Dunia Digital
- Dampak Sosial Informatika: Transformasi Komunikasi, Identifikasi Tantangan Etika, dan Pentingnya Keterampilan Berpikir Kritis
- Melampaui Permukaan: Bagaimana Berpikir Kritis Membantu Memahami Efek Sosial dari Teknologi Informatika
- Membangun Ketahanan Mental di Era Digital: Berpikir Kritis sebagai Alat Utama Menghadapi Fluktuasi Informasi
- Titik Temu Berpikir Kritis dan Tanggung Jawab Sosial: Menangkal Pengaruh Negatif dan Mengoptimalkan Dampak Positif Teknologi
- Menggali Sisi Gelap Dunia Digital: Tantangan Berpikir Kritis dalam Memahami Implikasi Sosial dari Teknologi
- Mengurai Keakraban Berpikir Kritis dan Pengetahuan Teknologi: Kunci Mengelola Informasi dengan Bijak di Era Digital
Artikel dituliskan dalam lembaran kertas dan dikerjakan secara individu dengan jumlah antara 500 - 800 kata.
Kemanfaatan penulisan artikel bagi siswa, di antaranya:
1. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis: Proses meneliti dan mengorganisir informasi untuk artikel membutuhkan pemikiran kritis yang kuat.
2. Kemampuan Penelitian yang Lebih Baik: Menulis artikel memerlukan pencarian sumber dan informasi yang akurat, yang dapat meningkatkan keterampilan penelitian siswa.
3. Kemampuan Menyampaikan Ide Secara Jelas: Menyusun artikel membantu siswa untuk menyampaikan ide dan informasi secara efektif dan terstruktur.
4. Pengembangan Keterampilan Bahasa: Proses menulis memperkuat kemampuan siswa dalam menggunakan bahasa dengan tepat, serta meningkatkan kosakata dan tata bahasa mereka.
5. Peningkatan Kreativitas: Menulis artikel memberi siswa ruang untuk mengekspresikan kreativitas mereka, terutama dalam memilih pendekatan penulisan yang berbeda.
6. Kemampuan Analisis dan Evaluasi: Siswa belajar untuk menganalisis informasi, menyajikannya, dan mengevaluasi sumber secara kritis untuk mendukung argumen mereka.
7. Peningkatan Keterampilan Literasi Digital: Dalam proses penulisan artikel, siswa akan terbiasa dengan berbagai alat dan teknologi untuk penelitian dan penyusunan konten.
8. Pengembangan Kemampuan Persuasif: Menulis artikel memungkinkan siswa untuk mengasah kemampuan persuasif dalam menyampaikan argumen dan pendapat mereka.
9. Kemampuan Memahami Audiens: Siswa belajar untuk menyesuaikan gaya dan konten tulisan mereka untuk berbagai jenis audiens.
10. Meningkatkan Kepercayaan Diri: Melalui proses penulisan dan menerima umpan balik, siswa dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam menyampaikan ide dan argumentasi mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar