Rabu, 15 November 2023

MAPEL INFORMATIKA KELAS XI

 STRUKTUR ARTIKEL BERPIKIR KRITIS DAN DAMPAK SOSIAL INFORMATIKA

a. Judul

b. Nama penulis dan identitas

c.  Intro – Pendahuluan dapat berisi :

          Kumpulan Pernyataan

          Suatu Kisah

          Perumpamaan atau Puisi

     d.  Penghubung Tulisan

     e. Batang Tubuh Tulisan – Uraian Pembahasan

     f.  Penutup berisi :

         Simpulan

         Pernyataan akhir

Buatlah artikel secara individu dengan memilih salah satu daftar judul artikel tentang berpikir kritis dan dampak sosial informatika dibawah ini :

  1. Mengasah Keterampilan Berpikir Kritis di Era Digital: Menguak Keberadaan Informasi Tersembunyi
  2. Navigasi Kritis di Lautan Informasi: Meningkatkan Kewaspadaan terhadap Hoaks dan Konten Menyesatkan
  3. Membangun Perisai Berpikir Kritis: Memahami Dampak Sosial Informatika pada Generasi Digital
  4. Berpikir Lebih Dalam, Berdampak Lebih Besar: Eksplorasi Koneksi Antara Berpikir Kritis dan Dunia Digital
  5. Dampak Sosial Informatika: Transformasi Komunikasi, Identifikasi Tantangan Etika, dan Pentingnya Keterampilan Berpikir Kritis
  6. Melampaui Permukaan: Bagaimana Berpikir Kritis Membantu Memahami Efek Sosial dari Teknologi Informatika
  7. Membangun Ketahanan Mental di Era Digital: Berpikir Kritis sebagai Alat Utama Menghadapi Fluktuasi Informasi
  8. Titik Temu Berpikir Kritis dan Tanggung Jawab Sosial: Menangkal Pengaruh Negatif dan Mengoptimalkan Dampak Positif Teknologi
  9. Menggali Sisi Gelap Dunia Digital: Tantangan Berpikir Kritis dalam Memahami Implikasi Sosial dari Teknologi
  10. Mengurai Keakraban Berpikir Kritis dan Pengetahuan Teknologi: Kunci Mengelola Informasi dengan Bijak di Era Digital

Artikel dituliskan dalam lembaran kertas dan dikerjakan secara individu dengan jumlah antara 500 - 800 kata.


Kemanfaatan penulisan artikel bagi siswa, di antaranya:

1. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis: Proses meneliti dan mengorganisir informasi untuk artikel membutuhkan pemikiran kritis yang kuat.

2. Kemampuan Penelitian yang Lebih Baik: Menulis artikel memerlukan pencarian sumber dan informasi yang akurat, yang dapat meningkatkan keterampilan penelitian siswa.

3. Kemampuan Menyampaikan Ide Secara Jelas: Menyusun artikel membantu siswa untuk menyampaikan ide dan informasi secara efektif dan terstruktur.

4. Pengembangan Keterampilan Bahasa: Proses menulis memperkuat kemampuan siswa dalam menggunakan bahasa dengan tepat, serta meningkatkan kosakata dan tata bahasa mereka.

5. Peningkatan Kreativitas: Menulis artikel memberi siswa ruang untuk mengekspresikan kreativitas mereka, terutama dalam memilih pendekatan penulisan yang berbeda.

6. Kemampuan Analisis dan Evaluasi: Siswa belajar untuk menganalisis informasi, menyajikannya, dan mengevaluasi sumber secara kritis untuk mendukung argumen mereka.

7. Peningkatan Keterampilan Literasi Digital: Dalam proses penulisan artikel, siswa akan terbiasa dengan berbagai alat dan teknologi untuk penelitian dan penyusunan konten.

8. Pengembangan Kemampuan Persuasif: Menulis artikel memungkinkan siswa untuk mengasah kemampuan persuasif dalam menyampaikan argumen dan pendapat mereka.

9. Kemampuan Memahami Audiens: Siswa belajar untuk menyesuaikan gaya dan konten tulisan mereka untuk berbagai jenis audiens.

10. Meningkatkan Kepercayaan Diri: Melalui proses penulisan dan menerima umpan balik, siswa dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam menyampaikan ide dan argumentasi mereka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Diskusi: Sistem Komputer Tujuan: Memahami komponen dan fungsi dasar dari sistem komputer serta bagaimana sistem ini bekerja untuk men...