Senin, 27 Februari 2023

ANALISIS DATA (CHAPTER FIVE)

 

BAHASA PEMROGRAMAN PYTHON

(CHAPTER FIVE)


d. Penelusuran Data/Pengulangan (Loop: for)

Perhatikan bahwa dalam Gambar dibawah baris pertama, kita hanya mencetak satu elemen sebuah data array pada indeks pertama. Pada baris ketiga dan kelima, kita mencetak banyak elemen, tetapi sebagai satu data utuh. Bagaimana jika kita ingin mencetak array sebagai elemen-elemen terpisah? Misalnya, kita ingin  mencetak setiap elemen dengan memberikan keterangan indeksnya. Kita dapat menggunakan konsep Perulangan atau Loop dengan menggunakan perintah for, seperti ditunjukkan Gambar dibawah. Perintah for digunakan dengan menyertakan sebuah variabel baru untuk menelusuri setiap elemen di dalam variabel yang diberikan (setelah perintah in). Perhatikan baris ketiga Gambar dibawah.











Karena for merupakan perintah blok (mengandung beberapa perintah lain), perlu diakhiri dengan tanda titik dua. Perintah-perintah yang dimaksudkan untuk ikut berulang mengikuti for ini dibuat menjorok ke kanan misalnya 1 tab. Perhatikan penulisan baris keempat dan kelima Gambar diatas.

Latihan 6
1. Perhatikan baris kelima Gambar diatas. Mengapa nomor indeks yang dicetak di baris sebelumnya, perlu ditambah 1 setiap perulangan?
2. Bagaimana jika diganti, indeks ditambah dengan 2? Apa keluarannya?
3. Bagaimana jika dipindah, penambahan indeks dilakukan di bariskeempat? Apa output-nya?

Kita dapat menggunakan perintah lain untuk mengulang, seperti perintah while. Kita dapat bereksplorasi terkait penggunaan while ini.

Latihan 7
Cari tahu penggunaan while dalam bahasa Python!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUKU GURU SMA KELAS X - KURIKULUM MERDEKA

  BUKU GURU SMA KELAS X - KURIKULUM MERDEKA B abeh Opiq 76 berbagi file  Buku Guru Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) Kelas X (Se...