Kamis, 05 Januari 2023

Sistem Komputer - Chapter Four

Sistem Komputer

Chapter Three


C. Kolaborasi dalam Sistem Komputer

Gambar illustrasi kolaborasi antar komputer

Dalam sebuah sistem komputer,perangkat keras berkolaborasi dengan perangkat lunak aplikasi atau piranti yang lain melalui sistem operasi. Sistem Operasi pun berkolaborasi dengan aplikasi untuk berinteraksi dengan pengguna. Kolaborasi itu menghasilkan sebuah sistem komputasi yang akan bermanfaat bagi pengguna. Komputer tunggals eperti seorang manusia, yang di dalam tubuhnya beroperasi sistem-sistem yang berfungsi sesuai peran dari setiap organ tubuh. Pikiran manusia akan menggerakkan anggota tubuh seperti tangan dan kaki karena adanya hubungan sistem syaraf. Indra penglihat, peraba, perasa akan memberikan signal kepada sistems yaraf untuk membuat manusia bereaksi, bergerak, dan melakukan tindakan. Inilah yang menjadi dasar manusia menciptakan robot-robot yang bertindak dan berperilaku sesuai program yang disimpan dalam robot tersebut.
Pada sistem-sistem otonom, sistem komputasi tidak hanya berkomunikasi dengan manusia, tetapi juga berinteraksi dengan alam sekitarnya. Perekam gambar, suara, dan signal lainnya akan dapat mengirimkan data ke sistem untuk diolah. Inilah dasar dari sistem IoT (Internet of Things) di mana di sekeliling manusia dipasang perangkat-perangkat yang mampu menangkap data dan mengirimkan ke komputer. Dalam sebuah komputer, komponen-komponennya saling berhubungan. Demikian juga antara satu komputer dan komputer lainnya akan berhubungan melalui jaringan, mulai dari jaringan lokal sampai jaringan global internet. 
Bahwa dalam sistem komputer, terjadi interaksi dan kolaborasi. Ini dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti software yang digunakan di sebuah toko, warnet, kantor, rumah sakit, dan sebagainya. Seperti ketika melakukan instalasi program aplikasi penggajian (payroll) di komputer atau laptop kantor yang datanya masih perlu diolah dengan pengolah lembar kerja. Contoh lainnya ialah ketika membeli laptop baru dan akan membuat laporan di dalamnya, perlu menginstal sistem operasi terlebih dulu, sebelum aplikasi pengolah kata. Hal ini menunjukkan bahwa kedua software di atas saling bekerja sama satu sama lainnya, sebuah software bergantung pada software lainnya.
Salah satu contoh dari interaksi hardware dengan sesama hardware ialah saat kita mencolokkan sebuah perangkat keras dengan perangkat keras lain. Misalnya, mencolokkan flashdisk atau mouse ke komputer. Saat kita mengambil photo menggunakan webcam yang ada pada komputer dan kemudian hasilnya akan dicetak menggunakan printer, apakah ini interaksi antar perangkat keras? Pada kasus ini, webcam akan mengirimkan gambar ke komputer, dan gambar yang akan dicetak ke printer dibuka oleh aplikasi lain. Interaksi webcam dan memori komputer dilakukan melalui sistem operasi yang dijalankan pada komputer. Interaksi antar perangkat keras ini membutuhkan perangkat lunak sebagai perantara.
Interaksi antarmuka hardware dan software terlihat sedikit lebih rumit karena software harus dirancang dan dibuat agar dapat mengenali atau dikenali oleh hardware. Contohnya, sebelum menggunakan printer, biasanya pengguna akan memasang sebuah program yang disebut driver agar komputer dapat untuk mengenali printer. Driver pada komputer adalah komponen system software yang berfungsi sebagai perangkat komunikasi antara sistem operasi dan hardware. Driver menggunakan kode biner untuk memerintah hardware melakukan perintah yang diberikan oleh sistem operasi dan mengambil data yang dikirimkan oleh hardware. Begitu juga selanjutnya, sistem operasi memberikan data ke printer agar printer bekerja mencetak dokumen. Program yang akan dipasang ialah termasuk software, dan printer yang dihubungkan dengan komputer atau laptop sebagai hardware. Dapat disimpulkan, telah terjadi hubungan yang memerlukan antarmuka antara software, komputer atau laptop, dan pengguna.
Contoh lainnya ialah ketika akan bermain musik. Kita dapat menggunakan alat tambahan menyerupai flashdisk (Makey Makey, misalnya pada modul https:// brainsintheclouds.eu/?page_id=159) yang dapat ditancapkan ke komputer, kemudian dengan sebuah kabel, dapat disambungkan ke pisang, wortel, jeruk, alumunium, dan sebagainya. Untuk memainkannya, dapat membuka situs web atau aplikasi tertentu, lalu menyentuh barang yang disambungkan dengan kabel, dan musik pun dapat dimainkan. Ketika akan bermain aplikasi permainan menggunakan ponsel, pasti membutuhkan software aplikasi permainan tersebut sehingga terjadi interaksi antarmuka antara ponsel sebagai hardware dan software aplikasi permainan.

16 komentar:

  1. Nama : Hesty Paramitha Damayanti
    Kelas : XE-5
    Terimakasih, materinya sangat bermanfaat....Saya jadi lebih memahami tentang kolaborasi dalam sistem komputer

    BalasHapus
  2. Nama : Shafrilia Nur Afifah
    Kelas : XE-5

    Penjelasan chapter 4 diatas menurut saya dapat dimengerti dan mudah dipelajari sehingga dapat menambah pengetahuan bahwa perangkat keras komputer dapat berkolaborasi dengan perangkat lunak aplikasi atau piranti yang lain melalui sistem operasi.

    BalasHapus
  3. Nama : siti alifiah suryani
    Kelas : XE-5
    Pendapat saya penjelasan yang di berikan pak guru sangatlah mudah di pahami dan di mengerti , sehingga saya bisa mengerti bahwa dalam sistem komputer bisa terjadi adanya interaksi dan kolaborasi.

    BalasHapus
  4. Nama : Brian Fairuz Safi
    Kelas : XE-5
    KOMENTAR : Menurut saya materi ini sangat membantu buat kerja saya setelah lulus sma

    BalasHapus
  5. Nama: Azril Ilham fajri
    Kelas: XE-5
    materinya mudah dimengerti jadi mengerti bahwa di komputer adanya kolaborasi

    BalasHapus
  6. Nama: Farrel Kaysan Kamil
    Kelas: XE-5

    Menurut saya materi ini sangat seru untuk dipelajari dan sangat bermanfaat untuk masa mendatang

    BalasHapus
  7. Nazwa Nazalia Nafisa xe5
    Menurut saya materi kolaborasi dalam sistem komputer di atas bermanfaat dan mudah dipahami

    BalasHapus
  8. Nama : ZAKY FIRMANSYAH
    Kelas : XE-5
    KOMENTAR : Menurut saya materi ini sangat membantu buat saya. Untuk saya yg belum paham komputer

    BalasHapus
  9. Kirania eka putri kelas xe5
    Materi yang disampaikan di atas mengenai kolaborasi dalam sistem komputer cukup mudah dimengerti

    BalasHapus
  10. Nama : Angga Rizkyanto
    Kelas : XE-5
    KOMENTAR : Menurut saya materi ini sangat membantu buat saya. Untuk saya yg belum paham komputer

    BalasHapus
  11. Nama : Lutfi Ayu Wulandari
    Kelas. : XE'5
    Menurut saya penjelasan dan materi yang di berikan pak guru sangatlah mudah di pahami dan sangat bermanfaat, karena saya bisa lebih mengerti dalam sistem komputer bisa terjadi adanya kolaborasi, Terimakasih.

    BalasHapus
  12. Nama: Safira Olivia putri
    Kelas:Xe5
    Materinya cukup membantu, saya jadi lebih memahami tentang kolaborasi komputer

    BalasHapus
  13. Nama:junior satria
    Kelas:XE 5
    TULISAN:BAGUS

    BalasHapus
  14. Nama : Syafiq Nur Rafi
    Kelas : XE-5
    KOMENTAR : Menurut saya materi ini sangat membantu untuk orang yang belum mengetahui tentang kabel lebih jauh lagi

    BalasHapus
  15. Nama : Dzulfikar Arroisyie
    Kelas : XE-5
    Materinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  16. Nama : Dealova putri .w.
    Kelas : XE'5

    Materi ini sangat membantu saya dan semoga kedepannya informatika semakin berkembang.

    BalasHapus

BUKU GURU SMA KELAS X - KURIKULUM MERDEKA

  BUKU GURU SMA KELAS X - KURIKULUM MERDEKA B abeh Opiq 76 berbagi file  Buku Guru Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) Kelas X (Se...